TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tol Baleno Rampung Akhir September, Pergi ke Jambi hanya 15 Menit 

Warga Bayung Lencir lebih memilih ke Jambi daripada Palembang

Gerbang tol Baleno di Bayung Lencir (IDN Times/istimewa)

Intinya Sih...

  • Pembangunan ruas tol Bayung Lencir (Muba)-Tempino (Jambi) atau tol Baleno selesai dan siap beroperasi.
  • Keberadaan tol Baleno mempermudah akses warga Bayung Lencir ke Jambi, mempersingkat waktu tempuh dari 1 jam menjadi 15 menit.
  • Desain pintu keluar tol di Bayung Lencir bermotif batik, diharapkan bisa menjadi ikon baru dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Musi Banyuasin, IDN Times -Pembangunan ruas tol Bayung Lencir (Muba)-Tempino (Jambi) atau tol Baleno akhirnya selesai dan siap beroperasional. 

Ruas tol sepanjang 15,4 Km ini merupakan bagian dari tol Betung-Tempino-Jambi sepanjang 169,9 km dan diperkirakan beroperasi mulai akhir September 2024 ini.

Tentu saja keberadaan tol Baleno akan mempermudah akses masyarakat Bayung Lencir menuju Kota Jambi. Sebelumnya jarak dari Bayung Lencir ke Jambi waktu normalnya melalui jalan eksisting sekitar 1 jam lebih. Namun dengan lewat tol Baleno, maka hanya sekitar 15 menit.

Baca Juga: Tol Baleno Rampung 2024, Pj Bupati Muba Minta Tambah Exit Tol

1. Desain pintu keluar jadi ikon baru

Gerbang tol Baleno di Bayung Lencir (IDN Times/istimewa)

Camat Bayung Lencir, Muhammad Imron mengatakan, selama ini warga lebih memilih berpergian ke Jambi karena jaraknya lebih dekat dan waktu tempuhnya lebih singkat dibandingkan harus ke Palembang.

"Apalagi nantinya jika tol Baleno telah beroperasi, maka akan lebih banyak yang berpergian ke Jambi," ujarnya Senin (16/9/2024).

Kemudian salah satu titik yang menarik perhatian adalah desain pintu keluar (exit tol) di Bayung Lencir yang bermotif batik. Sentuhan budaya lokal yang memikat ini diharapkan bisa menjadi ikon baru di daerah Bayung Lencir.

"Kami juga berharap ekonomi masyarakat Bayung Lencir khususnya dapat meningkat dengan kemudahan akses transportasi dan distribusi barang," ungkapnya. 

2. Tersisa pekerjaan marka jalan dan jaringan listrik

Tol Baleno di Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin (IDN Times/istimewa)

Secara spesifik, ruas tol Baleno ini pengerjaannya dibagi tiga seksi. Untuk seksi 2 sudah rampung 2 Agustus lalu. Sedangkan untuk seksi 1, konstruksi akan berlangsung hingga 30 September ini. 

Secara keseluruhan, jalan utama (main road) sudah selesai. Gerbang tol beserta fasilitas pendukungnya dan gedung operasional di Seksi 1 juga sudah selesai. Tersisa pekerjaan minor, seperti marka jalan, jaringan listrik dan lainnya.

3. BBPJN dan Hutama Karya segera uji coba

Tol Baleno di Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin (IDN Times/istimewa)

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan BBPJN Sumatra Selatan, Wandi Saputra beberapa waktu lalu mengatakan, mereka bersama dengan Hutama Karya akan melakukan uji coba sistem pembayaran pada gerbang tol dari Seksi 1 hingga Seksi 3 ruas tol Baleno ini. 

Uji coba ini diperkirakan akan dilakukan satu pekan setelah jaringan listrik PLN tersambung. Kemudian, meski konstruksi jalan telah rampung dan siap dilintasi kendaraan, namun untuk memastikan kondisi permukaan jalan sesuai dengan standar keselamatan.

"Karenanya, perlu dilakukan serangkaian tahapan pengujian hingga tahap akhir uji laik fungsi yang melibatkan Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan Polri. Untuk tahap awal, kami sedang mempersiapkan uji kerataan jalan atau IRI (International Roughness Index) Test. Estimasi proses pengujian sekitar satu minggu," jelas Wandi. 

Verified Writer

Yuliani

Menulis untuk mendidik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya