TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jembatan P.6 Lalan Ambruk Ditabrak Tongkang, Ada Warga Diduga Hilang

Korban merupakan para pemancing dan pengendara yang melintas

(Jembatan P.6 Lalan Ambruk Ditabrak Tongkang) IDN Times/istimewa

Intinya Sih...

  • Jembatan penghubung Desa Suka Jadi P.6 ke Desa Galih Sari P.11 ambruk karena kapal tongkang batubara menabrak, menyebabkan 5 orang hilang dan beberapa luka.
  • Korban yang hilang antara lain Muhammad Kusdio, Hendra Hanlipi, Mohamad Alansyah, Misbahul Munir, Samari, dan Ribut Riyadi. Ada juga korban luka ringan dan berat.
  • Beberapa korban telah dilarikan ke Puskesmas terdekat, sementara tim Basarnas dalam perjalanan untuk evakuasi. BPBD Muba mengirimkan tim dengan dua perahu karet untuk mitigasi di lokasi.

Musi Banyuasin, IDN Times - Jembatan penghubung Desa Suka Jadi P.6 menuju Desa Galih Sari P.11 Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel ambruk, Senin (12/8/2024) sekira pukul 21.00 WIB.

Ambruknya jembatan ini disebabkan Tugboat milik Madelin Spirit dikemudikan Khomsiah Alief menarik tongkang batu bara Santana Jaya yang melintas dari arah barat menuju timur atau posisi melaju keluar. 

Akibat kejadian tersebut, tongkang tersebut tidak dapat dikendalikan dengan baik dan mengakibatkan tabrakan pada bagian tengah jembatan hancur total. Dikabarkan saat jembatan roboh diduga terdapat warga Lalan yang sedang memancing hingga melintas di atas jembatan. 

Baca Juga: Berdayakan Petani Sawit, Muba Segera Bangun Pabrik Minyak Makan Merah

1. Terdapat korban hilang, luka ringan dan luka berat

Camat Lalan, Jamian mengatakan, pihaknya mendapat laporan ada 5 orang diduga menghilang dan beberapa orang luka-luka. 

Adapun laporan sementara korban yang hilang atau belum ditemukan yakni Muhammad Kusdio (42) warga P.5 Sari Agung, Hendra Hanlipi (15) warga P.5 Sari Agung, Mohamad Alansyah (15) warga Suka Jadi, Misbahul Munir (31) warga Suka Jadi, Samari (43) warga P.13 Purwodadi Banyuasin, dan Ribut Riyadi (34) warga Palembang.

"Sementara untuk korban luka ringan yakni Lukas, Raka, M RifanSyah, Saiqul, Heri dan Andre Roti Bakar. Lalu korban luka berat bernama pak Elpis," ujarnya saat dikonfirmasi Selasa (13/8/2024).

2. Proses evakuasi terus dilakukan

Beberapa korban dilaporkan telah dirujuk ke Puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan medis. Sementara tim Basarnas sedang dalam perjalanan melaju dari arah PU menuju tempat kejadian P.6 Suka Jadi.

Kapolsek Lalan, Iptu Zulkarnain Afianata membenarkan prihal jembatan P6 Kecamatan Lalan roboh ditabrak oleh kapal tongkang bermuatan batu bara. Mengenai korban belum diketahui secara pasti saat ini masih dilakukan evakuasi.

"Benar ditabarak kapal tongkang. Saat masih dilakukan evakuasi belum tahu ada korban jiwa apa tidak," ucapnya.

Berita Terkini Lainnya