TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sumsel Ekspor 19,8 Ton Biji Kopi Pagar Alam Ke Malaysia

Kualitas biji kopi Sumsel mulai dilirik pasar Internasional

Kepala Balai Karantina, Hewan, Ikan dan Tumbuhan, Kostan Manalu (IDN Times/Rangga Erfizal)

Intinya Sih...

  • Ekspor kopi Pagar Alam ke Malaysia mencapai 19,8 ton dengan nilai transaksi Rp1,54 miliar
  • Kualitas biji kopi Sumsel diminati oleh pasar internasional, ekspor juga dilakukan ke Inggris, Mesir, Arab Saudi, Polandia, Jepang dan Taiwan
  • Petani diharapkan menjaga kualitas kopi mereka untuk memenuhi permintaan pasar internasional dan memperkuat posisi Sumsel sebagai penghasil kopi unggulan

Palembang, IDN Times - Sebanyak 19,8 ton Kopi Pagar Alam diekspor ke Malaysia dengan nilai transaksi Rp1,54 milar. Ekspor ini menjadi yang pertama dilakukan ke Malaysia setelah lolos seleksi kualitas biji.

"Melalui pemeriksaan yang ketat, kami berharap kopi asal Pagar Alam ini dapat diterima dengan baik di Malaysia, serta membuka peluang untuk keberlanjutan ekspor di masa depan," ungkap Kepala Balai Karantina Sumatera Selatan, Kostan Manalu, Selasa (7/9/2024).

Baca Juga: Resep Orange Coffee, Perpaduan Jeruk dan Kopi yang Segar dan Nikmat

1. Kopi Sumsel mulai diminati pasar internasional

Kostan mengatakan, selain memastikan kualitas biji siap ekspor pihaknya juga memastikan kelengkapan dokumen biji kopi bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Pada tahun 2023 lalu ekspor sampel kopi asal Sumsel dikirimkan ke Inggris, Mesir dan Arab Saudi masing-masing 4 kilogram.

"Ada kecenderungan kopi asal Sumsel diminati oleh pasar internasional. Sehingga hari ini, perdana kita ekspor ke Malaysia," jelas dia.

2. Sumsel sudah mulai kirim sampel sejak beberapa tahun terakhir

Kostan pun mengatakan, pada 2022, Sumsel mengekspor 11,9 kilogram biji ke Polandia, Jepang dan Taiwan. Sedangkan untuk ekspor kopi bubuk dikirim sebanyak 60 kilogram ke Malaysia dan Yordania.

"Harapannya negara lain juga dapat kita penuhi sehingga petani juga diharapkan menjaga kualitas kopi mereka," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya