TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sumsel Dijatah 10.844 Buah Rice Cooker Gratis dari Pemerintah

Pendataan dilakukan di tingkat desa hingga dusun

bonappetit.com

Palembang, IDN Times - Rencana pemerintah pusat membagikan alat masak berbasis listrik berupa Rice Cooker gratis akan berlangsung November 2023 mendatang.

Sumatra Selatan (Sumsel) mendapat jatah sekitar 10.844 buah Rice Cooker untuk dibagikan gratis ke masyarakat.

"Untuk Sumsel diamanahkan rice cooker sebanyak 10.844 pcs," kata Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumsel, Tulus Santoso, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: 3 Metode Memanaskan Nasi Tanpa Rice Cooker, Praktis!

Baca Juga: Seorang Santri Ponpes di Palembang Dibakar Teman Saat Tidur 

1. Dibagikan melalui Dinas ESDM Kabupaten dan Kota

ilustrasi rice cooker (dok.pribadi / Dream Praire)

Dinas ESDM Sumsel berkoordinasi terkait penyaluran yang akan dilakukan. Pihaknya menyebut, calon penerima Rice Cooker terdaftar pada usulan Kades dan Lurah.

Calon penerima harus mengisi beberapa formulir yang disyaratkan dari Peraturan Menteri ESDM RI nomor 11 tahun 2023, tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

"Kami baru berkoordinasi dengan PLN, sehingga masih membuatkan surat ke Dinas ESDM di Kabupaten dan kota yang ada di Sumsel untuk mengkoordinir usulan," jelas dia.

2. Melibatkan Kadus hingga Lurah

ilustrasi rice cooker (freepik.com/freepik)

Nantinya para kades atau Lurah akan berkoordinasi lagi ke bawah dengan RT dan RW atau kepala dusun (Kadus) untuk mendata masyarakat penerima. Mereka akan diberikan formulir untuk diisi warga yang berhak.

"Mereka nantinya yang akan mendapat Rice Cooker, mengisi formulir yang telah disediakan. Selain itu juga melampirkan fotokopi KTP dan ID Pelanggan PLN," jelas dia.

Baca Juga: Kabut Asap Memakan Korban, 3 Nelayan Hilang Tertabrak Tug Boat

Berita Terkini Lainnya