TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serba-serbi Tes Kesehatan Paslon di Sumsel, Ada yang Gak Bisa Tidur

Calon lain ada yang minum jamu agar bugar saat tes

Pasangan Cakada Banyuasin Slamet-Alfi melakukan tes kesahatan di RSUP Mohamad Hoesain (Dok: ist)

Palembang, IDN Times - Sebanyak 8 pasangan calon kepala daerah dari provinsi, kabupaten dan kota di Sumsel melaksanakan tes kesehatan di RSUP Mohamad Hoesain Palembang. Ada calon yang minum jamu sebelum tes kesehatan, ada juga yang mengaku menderita imsomnia atau kesulitan tidur. 

"Sebelum tes kesehatan kami sudah berpuasa sejak semalam. Istirahat juga lebih cepat. Selain itu saya dengan Pakde Slamet (Pasangan Slamet-Alfi) punya rumus lainnya yakni, minum jamu untuk menjaga kesehatan," kata bakal calon Wakil Bupati Banyuasin, Alfi N Rustam kepada awak media, Kamis (29/8/2024).

Baca Juga: Edy-Rizky Optimis Menang Pilkada Sumsel, Meski Hanya Diusung PDIP

1. Bacawagub Sumsel ini sampai kesulitan tidur

Bakal calon Wakil Gubernur Sumsel, Rizky Aprilia mengaku siap mengikuti tes kesehatan yang berlangsung sejak pukul 07.00-14.00 WIB. Hanya saja, sebelum menjalankan tes kesehatan, Rizky mengaku sempat kesulitan untuk tidur.

"Mulai istirahat itu jam 22.00 WIB, tapi karena ada insomnia, tertidur itu pukul 24.00 WIB, tapi syukur Alhamdulillah saya dalam kondisi fit karena saya tipe orang yang tidur pendek," jelas Rizky Aprilia.

Sementara itu, Bacagub Sumsel Edy Santana Putra menjelaskan, dia harus tidur lebih cepat dari biasanya. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatannya benar-benar fit saat mendaftar.

"Biasanya tidur itu agak malam, tapi karena untuk mempersiapkan hari ini, jam 7 malam sudah masuk kamar jam 8 malamnya udah tidur," jelas Edy. 

2. Sudah ada pasangan bakal calon yang melakukan tes kesehatan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Andika Pranata Jaya menjelaskan, hari ini ada 8 paslon yang sudah mendaftar, terdiri dari 7 calon wali kota dan wakil wali kota, bupati dan wakil bupati serta 1 paslon gubernur dan wakil gubernur.

Berikut daftarnya: 
1. Yudi Purna Nugraha-Yenny Elita (Pilkada Ogan Komering Ulu)
2. Iwan Hermawan-Faisal Ranopa (Pilkada OKU Selatan)
3. Hepy Safriani-Efsi (Pilkada Pagar Alam)
4. Slamet Somosentono-Alfi N Rustam (Pilkada Banyuasin)
5. Rahmat Hidayat-Rustam Effendi (Pilkada Lubuk Linggau)
6. Devi Suhartoni-Junius (Pilkada Muratara)
7. Devi Haryanto-Ferdinand
8. Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia (ERA) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel.

"Hari ini ada 8 bacakada (bakal calon kepala daerah) yang melakukan pemeriksaan kesehatan. Mereka kemarin sudah mendaftar di KPU dan hari ini pemeriksaan kesehatan di RSUP Mohammad Hoesin Palembang," jelas Andika.

Andika menambahkan, sehari sebelumnya, sejumlah paslon dan calon kepala daerah sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan. Mereka adalah paslon di Pilgub Sumsel, Herman Deru-Cik Ujang; calon di Pilkada Kota Palembang, Yudha Mahyudin; dan paslon di Pilkada Prabumulih, Arlan-Frangky Nasril.

"Proses pemeriksaannya sama, mulai dari tes kesehatan fisik, kejiwaan dan narkoba. Tapi, karena faktor yang berbeda, selesai pemeriksaan bisa lebih awal atau lebih lambat. Kami prediksi pukul 14.00 WIB-17.00 WIB sudah selesai," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya