TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Semai Garam di 3 Kabupaten, BPBD Harap Karhutla Bisa Diminimalisir

10.400 ton garam NaCl disemai ke langit Sumsel

Kebakaran lahan di areal perkebunan sawit di Ogan Ilir (Dok: Mangga Agni)

Intinya Sih...

  • Sebanyak 10.400 ton garam disemai di langit Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Musi Banyuasin selama 10 hari untuk memancing hujan.
  • Penyemaian garam difokuskan pada awan cumulonimbus (CB) di tiga wilayah Sumsel dengan tujuan membasahi lahan gambut.
  • OMC dilakukan untuk mencegah terjadinya karhutla terutama di lahan gambut dan memastikan lahan-lahan gambut tetap basah saat musim kemarau.

Palembang, IDN Times - Sebanyak 10.400 ton garam telah disemai di langit Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), dan Musi Banyuasin (Muba) selama 10 hari tepatnya 4-13 Juli 2024. Langkah penyemaian garam tersebut difokuskan pada awan cumulonimbus (CB) yang berada di tiga wilayah untuk memancing hujan.

"OMC dilaksanakan dengan tujuan untuk membasahi lahan gambut di wilayah OKI, Banyuasin, dan Muba," ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Muhammad Iqbal Alisyahbana, Rabu (17/7/2024). 

Baca Juga: 15 Hektare Lahan di Areal Perkebunan Sawit Ogan Ilir Terbakar

1. Garam disemai di awan Colonimbus

Iqbal menerangkan, tiga wilayah Sumsel difokuskan menjadi sasaran modifikasi cuaca karena memiliki cakupan gambut yang luas di Sumsel. Penyemaian garam diharapkan dapat memancing hujan meski memasuki musim kemarau.

"Ada 13 sorti penerbangan dengan total 10.500 ton bahan semai NaCl yang ditabur di awan CB," beber dia.

Baca Juga: 1,3 Hektare Lahan Mineral Terbakar di Ogan Ilir Berhasil Dipadamkan

2. Berharap hujan basahi lahan gambut

BPBD Sumsel berharap OMC dapat terus dilakukan untuk mencegah terjadinya karhutla terutama di lahan gambut. Dia juga mengapresiasi upaya Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dalam upaya mitigasi karhutla bekerja sama dengan BMKG Bidang Modifikasi Cuaca dan lainnya.

"Semoga dengan sinergi semua pihak, kita dapat mewujudkan Sumsel zero asap," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya