TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPUD Muara Enim Kembalikan 72 Kotak Suara Pilkada Rusak

Kotak dan bilik suara disimpan di gudang KPUD Muara Enim

Pengecekan kotak suara Pilkada oleh KPUD Muara Enim (Dok: KPUD)

Intinya Sih...

  • KPUD Muara Enim menerima 1.952 kotak suara dan 3.816 bilik suara untuk pilkada serentak November 2024.
  • Sebanyak 72 kotak suara rusak atau tidak sesuai spesifikasi, akan segera ditukar.
  • Rusaknya kotak suara juga terjadi di daerah lain, KPUD mengajukan pergantian kotak yang baru sesuai spesifikasi.

Muara Enim, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muara Enim mulai menerima pendistribusian 1.952 kotak suara bersama 3.816 bilik suara untuk keperluan pilkada serentak November 2024. Kotak dan bilik suara tersebut langsung disimpan di gudang KPUD Muara Enim untuk memastikan semua alat siap digunakan saat hari pemilihan.

"Dari total 1.952 kotak suara ada sekitar 72 kotak suara yang rusak atau tak sesuai spesifikasi alias cacat," ungkap Ketua KPUD Muara Enim, Rohani, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: 86 Hektare Lahan Gambut di Muara Enim Ludes Terbakar

1. Kotak suara usak telah dilaporkan KPUD

Rohani menjelaskan, kotak suara rusak akan segera ditukar. Menurutnya, pengecekan 72 kotak surat rusak lantaran dianggap tidak sesuai Keputusan KPU Nomor 1.139 tentang spesifikasi teknis kebutuhan dan perlengkapan pemungutan suara.

"Kerusakan itu juga sudah dilaporkan di Sistem Informasi Pencalonan (Silon), bahwa penggantinya akan segera dikirim dan yang rusak akan diambil kembali," jelas dia.

2. Kerusakan kotak suara tak hanya terjadi di Muara Enim

Rohani menambahkan, rusaknya 72 Kotak Suara di Pilkada Muara Enim tersebut bukan hanya terjadi di Muara Enim. Beberapa daerah juga melaporkan kerusakan yang sama sehingga pihaknya mengajukan pergantian kotak yang baru sesuai spesifikasi yang ada.

"Bukan terjadi untuk Muara Enim saja tetapi se-Sumsel dan hal itu sudah kita laporkan ke pihak ketiga yang melakukan pembuatan kotak suara melalui KPU provinsi dan akan di ganti," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya