TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Empat Caleg Terpilih Menyatakan Mundur karena Maju di Pilkada 

Total ada lima caleg yang akan di PAW

(Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Muba Lucianty dan Syaparuddin resmi mendaftar ke KPU Daerah Muba) IDN Times/Yuliani

Palembang, IDN Times - Empat Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih pada Pileg 2024 lalu menyatakan diri mundur sebelum dilantik pada bulan akhir September. Keempat anggota legislatif tersebut memilih maju sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2024.

"Betul ada empat yang mengundurkan diri karena maju di Pilkada. Untuk pelantikan Caleg ini akan dilakukan pada 24 September nanti," ungkap Sekretaris DPRD Sumsel, Aprizal, Sabtu (7/9/2024).

1. Daftar nama Caleg yang di PAW usai maju di Pilkada

Ratu Dewa dan Prima Salam maju pasangan Pilwako Palembang 2024 (Dok. Istimewa)

Keempat caleg terpilih tersebut yakni, Lucianty yang memenangkan pileg DPRD Sumsel Dapil IX Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Lalu, Prima Salam caleg DPRD Sumsel I terpilih dari Dapil Palembang dan maju bersama Partai Gerindra. Dirinya maju sebagai Calon Wakil Wali Kota Palembang.

Selanjutnya, Caleg DPRD Sumsel Dapil VI wilayah Prabumulih, PALI, dan Muara Enim dari Partai Gerindra, Asgianto. Dirinya memutuskan maju di Pilbup PALI sebagai Cabup. Lalu terakhir, Caleg DPRD Sumsel Dapil V OKU-OKU Selatan dari partai Nasdem, Yenny Elita. Dirinya memutuskan maju sebagai Bupati OKU.

2. Caleg dengan suara terbanyak kedua akan naik

Senada,Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis Penyelenggara, Handoko membenarkan adanya pengunduran diri keempat caleg ke sekretariat DPRD Sumsel. Para caleg yang mengundurkan diri akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) dan dilantik bersamaan dengan pelantikan caleg lainnya.

"Proses PAW dilakukan dengan mengambil caleg dengan suara terbanyak berikutnya, dalam daftar peringkat suara dari partai politik dan daerah pemilihan yang sama," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya