TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Eks Wali Kota Palembang Diusung PDIP di Pilgub Sumsel 2024

Sejauh ini, DPD PDIP Sumsel belum menerima SK dari pusat

Pasangan Eddy Santana-Riezky Aprilia (Era) maju di Pilgub Sumsel (Dok: ist)

Palembang, IDN Times - Mantan Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatra Selatan (Sumsel) 2024. Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) menyatakan dukungannya untuk Eddy.

"Kami sedang menunggu SK (surat keputusan) dari DPP PDIP. Tapi, informasinya betul bahwa PDIP menyatakan dukungan kepada Eddy Santana Putra di Pilkada Sumsel," ungkap Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah PDIP Sumsel, Robby B Puruhita pada Selasa (25/8/2024).

Baca Juga: KPUD Sumsel Terima Berkas Pendaftaran Pasangan Herman Deru-Cik Ujang

1. DPD PDIP Sumsel belum menerima SK dukungan itu dari pusat

Sebelumnya, PDIP sempat menyatakan dukungannya untuk Heri Amalindo, namun kemudian batal. Berbeloknya dukungan PDIP di waktu pendaftaran calon kepala daerah tersebut, tak terlepas dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan parpol untuk mengusung calon dengan 7,5 persen suara parlemen.

Eddy Santana Putra dahulunya merupakan kader PDIP yang menjabat eks Ketua DPD Sumsel, sebelum berlabuh ke Gerindra. "Sampai hari ini, kami belum menerima SK, masih menunggu dari pusat," jelas dia.

Baca Juga: Putusan MK: Partai Tidak Punya Kursi DPRD Bisa Usung Cagub

2. Deklarasi akan dilakukan sebelum pendaftaran ditutup

Ilustrasi penyelenggara pemilu. (IDN Times/Sukma Shakti)

Pada pilkada kali ini, Eddy rencananya berpasangan dengan kader PDIP bernama Riezky Aprilia, yang juga Anggota DPR RI Komisi IV. PDIP menilai, Eddy yang saat ini merupakan anggota DPR Komisi VII dari Gerindra, memiliki potensi. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan internal partai berlogo banteng tersebut.

"Harap bersabar ya, pada saatnya akan diumumkan. Insya Allah sebelum pendaftaran ditutup kami umumkan dan mendaftar di KPU Sumsel," ungkap Robby.

3. Robby berharap masyarakat memberikan dukungan

Robby menambahkan, keputusan penunjukkan Eddy-Riezky merupakan keputusan bulat dari DPP PDIP. Dia berharap, Eddy-Riezky turut mendapat dukungan penuh masyarakat Sumsel.

"Kami ingin pemimpin yang bisa memberikan yang terbaik untuk Sumsel," jelas dia.

Berita Terkini Lainnya