TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Formasi Dokter Spesialis di Sumsel Kosong Pelamar

Formasi CASN dokter spesialis di Sumsel kurang peminat

Suasana tes SKD CPNS (kominfo.go.id)

Palembang, IDN Times – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatra Selatan, Ismail Fahmi, mengungkapkan bahwa hingga penutupan pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, formasi dokter spesialis di rumah sakit masih kosong dari pelamar. Padahal, dua rumah sakit di Sumsel telah membuka lowongan khusus untuk dokter spesialis.

"Sumsel buka formasi dokter spesialis di dua rumah sakit, namun tidak ada satu pun pelamar," ujar Ismail, Minggu (15/9/2024).

1. Kekosongan pelamar ASN di Sumsel untuk kuota RSUD Siti Fatimah dan RS Ernaldi Bahar Palembang

Dari total kuota CASN 2024 yang berjumlah 185 formasi, sekitar 100 di antaranya disediakan untuk tenaga kesehatan (Nakes). Namun, formasi untuk dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah dan Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang tidak terisi.

"Sumsel dominan membuka formasi dokter spesialis, mencapai 94 formasi. Selebihnya adalah formasi administrasi kesehatan, fisikawan medis ahli pertama, penata laboratorium ahli pertama, dan lainnya. Namun, semua formasi dokter spesialis kosong dari pelamar," ungkap Ismail.

2. Kekosongan pelamar formasi dokter spesialis di Sumsel karen gaji di rumah sakit swasta lebih menjanjikan

Ismail menjelaskan bahwa minimnya peminat dokter spesialis untuk menjadi ASN disebabkan oleh tawaran gaji yang dinilai kurang menarik dibandingkan dengan praktik di rumah sakit swasta.

"Tidak ada minat dari dokter spesialis karena di rumah sakit swasta gaji jauh lebih menjanjikan. Untuk mengatasi kekosongan ini, kami akan memanfaatkan SDM dari dokter umum dan menugaskan mereka melanjutkan pendidikan spesialis dengan biaya dari APBD dan pemerintah pusat," tambahnya.

Berita Terkini Lainnya