Kebakaran di Tanjung Enim, 1 Orang Terpanggang Saat Tidur

Korban merupakan pemilik warung manisan yang terbakar

Muara Enim, IDN Times - Kebakaran terjadi di RT 12 belakang Pasar Baru Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Enim, Senin (11/7/2022) dini hari. Insiden tersebut membuat dua rumah hangus, dan empat rumah serta 1 ruko juga terdampak.

Selain rumah, kebakaran itu menewaskan seorang warga meninggal dunia karena terpanggang api.

1. Damkar terima laporan kebakaran pada dini hari

Kebakaran di Tanjung Enim, 1 Orang Terpanggang Saat Tidur(Kebakaran di Lawang Kidul kabupaten Muara Enim pada Senin pagi) IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muara Enim, Yulius mengatakan, pihaknya menerima laporan dari seorang warga yang menyebut kebakaran di belakang pasar pada pukul 02.00 WIB.

"Dua rumah yang terbakar yakni milik Wati (60) dan Wansyah (52). Lalu beberapa bangunan terkena dampak yakni 1 ruko atas nama Uli (60), serta 2 rumah atas nama Sigit (30) dan Junaidi (53)," ujarnya.

Pihaknya berupaya memadamkan api bersama Damkar PT BA, PAMA, dan BPBD, serta dibantu pihak kecamatan Lawang Kidul maupun masyarakat sekitar. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.30 WIB.

"Atas insiden ini, Supli (59) warga Desa Paduraksa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, dilaporkan meninggal dunia akibat terpanggang," ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Terjunkan Tim Forensik Selidiki Kebakaran RS Siloam Sriwijaya

2. Korban terpanggang api saat tertidur di warung manisan

Kebakaran di Tanjung Enim, 1 Orang Terpanggang Saat Tidur(Pj Bupati Muara Enim saat meninjau lokasi kebakaran di Lawang Kidul) IDN Times/Istimewa

Kasat Reskrim Polres Muara Enim, AKP Widhi Andika Darma menambahkan, peristiwa yang memakan korban jiwa ini bermula saat korban Supli sedang tidur menunggu warung manisan miliknya.

"Korban Supli menunggu warung manisan karena istrinya Misniwati (43) pulang ke rumah di Desa Paduraksa untuk berlebaran. Warung manisan tersebut banyak barang-barang elektronik berharga, maka dikhawatirkan hilang jika tidak dijaga," jelasnya.

Saat tidur itulah diduga terjadi korsleting listrik. Api baru diketahui pertama kali oleh tetangga di belakang warung manisan bernama Junaidi (52) yang sehari-harinya sebagai tukang jahit pakaian.

"Ketika keluar rumah, Junaidi melihat api dari warung manisan Supli yang terbuat dari barang mudah terbakar. Api sudah membesar dan langsung menyelamatkan diri. Setelah itu warga setempat menghubungi pemadam kebakaran dan kepolisian, tak lama kemudian datang dan langsung melakukan pemadaman," terangnya.

3. Insiden kebakaran telan kerugian ratusan juta

Kebakaran di Tanjung Enim, 1 Orang Terpanggang Saat Tidur(Pj Bupati Muara Enim saat meninjau lokasi kebakaran di Lawang Kidul) IDN Times/Istimewa

Pihaknya telah membuat pengamanan dari garis polisi lalu melakukan Olah TKP. Sedangkan untuk korban yang meninggal langsung dibawa ke RS Bukit Asam Medika (BAM) untuk visum, selanjutnya dibawa untuk dimakamkan.

"Korban ditemukan tim PBK di antara puing-puing kebakaran di tengah warung manisan. Kerugian ratusan juta rupiah tetapi untuk detail belum dihitung," jelas AKP Widhi.

4. Pj Bupati imbau warga rapikan instalasi kabel listrik yang semerawut

Kebakaran di Tanjung Enim, 1 Orang Terpanggang Saat TidurIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

PJ Bupati Muara Enim, Kurniawan, langsung mendatangi lokasi kebakaran pada pagi harinya. Ia menyatakan prihatin dan belasungkawa atas musibah yang menimpa warga hingga menelan korban jiwa.

Atas musibah tersebut, lanjut Kurniawan, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Muara Enim terutama di Pasar Tanjung Enim dan sekitarnya, selalu waspada dan berhati-hati terutama dalam hal instalasi listrik.

"Selama ini kebakaran rata-rata akibat dari arus pendek. Saya meminta kepada warga memperbaiki dan merapikan instalasi tempat tinggal atau tempat usahanya sesuai standar PLN. Memang saya lihat instalasi listriknya semrawut," tutupnya.

Baca Juga: Warga Kampung Nelayan Korban Kebakaran Terima Bantuan Rp5 Juta

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya