Dirikan Sekolah Filial Suku Anak Dalam, PT MBJ Bagikan Seragam dan Tas

Sekolah Filial datangkan dua guru mengajar 15 siswa

Musi Banyuasin, IDN Times - PT Marga Bara Jaya (MBJ), perusahaan penyedia logistik dan infrastruktur, membangun operasional Sekolah Filial (Sekolah kelas jauh di pedalaman) bagi anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) Sungai Badak, Desa Pagar Desa, Bayung Lencir, Musi Banyuasin (Muba), Senin (19/9/2022). Peresmian ditandai dengan pembagian seragam dan tas sekolah kepada seluruh siswa tingkat Sekolah Dasar (SD).

Perwakilan PT MBJ, Anton Wasito mengatakan, peresmian Sekolah Filial untuk anak-anak SAD merupakan bentuk komitmen pihaknya untuk mendukung pendidikan di daerah pedalaman yang sulit dijangkau oleh masyarakat.

“Ini juga menjadi salah satu program strategis kami #MBJPeduliPendidikan, yang sedang terus kami dorong dan gulirkan terutama di wilayah kerja perusahaan kami,” kata Antot melalui rilis yang diterima IDN Times, Selaa (20/9/2022).

Baca Juga: 45 Orang Suku Anak Dalam di Muba Terima Vaksin dan Vitamin Gratis

1. Sebanyak 15 anak sudah mengikuti pembelajaran

Dirikan Sekolah Filial Suku Anak Dalam, PT MBJ Bagikan Seragam dan TasSekolah Filial bagi anak-anak dari Suku Anak Dalam (SAD) Sungai Badak di Musi Banyuasin (Muba) resmi beroperasi. (Foto: Dok. PT MBJ)

Anton menjelaskan, Sekolah Filial diharapkan bisa menjadi stimulan bagi anak-anak SAD untuk mengembangkan kehidupan mereka.

“Saat ini anak-anak belajar membaca, menulis, dan berhitung, sebagai kemampuan dasar untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi,” tutur dia.

Sekolah Filial melaksanakan kegiatan belajar mengajar sebanyak tiga kali dalam seminggu. Bekerja sama dengan SDN Pagar Desa, Sekolah Filial ini mendatangkan dua guru tingkat SD yang mengajar sebanyak 15 anak di rentang usia 6-14 tahun. Belasan anak ini terdiri atas 10 anak di tingkat kelas I dan 5 anak di tingkat kelas IV.

Baca Juga: Warga Sako Suban Antusias Datangi Pasar Sembako Murah Marga Bara Jaya

2. Siswa Sekolah Filial harus masuk Dapodi

Dirikan Sekolah Filial Suku Anak Dalam, PT MBJ Bagikan Seragam dan TasSekolah Filial bagi anak-anak dari Suku Anak Dalam (SAD) Sungai Badak di Musi Banyuasin (Muba) resmi beroperasi. (Foto: Dok. PT MBJ)

Kepala Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Bayung Lencir, Rattan mengatakan, kesempatan belajar bagi anak-anak SAD harus dimanfaatkan secara optimal oleh SAD.

“Selama ini memang mereka belum kami sentuh. Bantuan pihak PT MBJ menjadi titik terang,” kata dia saat menghadiri peresmian Sekolah Filial.

Rattan mengaku terharu melihat anak-anak SAD Sungai Badak mulai bisa bersekolah. Ia berharap anak-anak SAD yang bersekolah bisa terdaftar di Daftar Pokok Pendidikan (Dapodi) ke depannya.

“Saya berharap bahwa pendanaan tenaga guru juga didukung oleh PT MBJ, agar bisa menyisir habis seluruh anak-anak SA,’’ harapnya. 

3. Sempat Bernama Saung Belajar

Dirikan Sekolah Filial Suku Anak Dalam, PT MBJ Bagikan Seragam dan TasIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Kepala Sekolah SDN Pagar Desa, Dodo Hadori, mengaku sangat bahagia melihat anak-anak SAD mulai kenal angka dan huruf. Dodo berharap seragam yang dibagikan oleh PT MBJ bisa menjadi pemicu semangat anak-anak untuk rajin belajar.

“Sejak beroperasinya kembali yang dulu disebut Saung Belajar dan kini bernama Sekolah Filial,  peningkatan kemampuan anak-anak sudah terlihat. Mereka sudah bisa mengenal angka dan menulisnya dengan baik dan jelas. Ini perkembangan yang menggembirakan,” ujarnya.

Dodo mengungkapkan kondisi pendidikan anak-anak SAD sangat memprihatinkan, di mana 70 persen anak-anak SAD dalam kondisi buta huruf. Ia berharap siswa Sekolah Filial akan bertambah secara bertahap.

Baca Juga: SKB dan Sekolah Filial di Palembang Terima Siswa Anak Jalanan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya