Sumbar Juga Punya Prodi Fotografi di ISI Padangpanjang

Prodi Fotografi sudah 10 tahun berdiri, lho

Padang Panjang, IDN TImes - Dunia fotografi dari masa ke masa kian berkembang. Jika sebelum era 1990-an belajar soal fortografi hanya melalui kursus atau pendidikan non formal, kini sudah bisa dijumpai di pendidikan formal.

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia sudah memasukan fotografi ke dalam program studi baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, hingga Magister. Seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Sumatra Barat (Sumbar).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ISI Padang Panjang memiliki perguruan tinggi di Sumbar yang memiliki Program Studi (Prodi) Fotografi. Prodi Fotografi ini masuk dalam rumpun humaniora.

Baca Juga: 7 Kampus Negeri Terluas di Indonesia, Unsri Urutan Pertama

1. Angkatan pertama dari mandat Dirjen Dikti

Sumbar Juga Punya Prodi Fotografi di ISI PadangpanjangPexels.com/David Bartus

Mengutip laman resmi ISI Padang Panjang, penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama pada Prodi Fotografi bermula dari mandat Dirtjen Dikti nomor 284/E.E2/DT/ 2013 tanggal 4 April 2013. ISI Padangpanjang diminta segera menyelenggarakan pembukaan Prodi Fotografi.

Hingga empat bulan berikutnya, diresmikanlah Prodi Fotografi oleh Dirjen Dirjen Dikti, Djoko Santoso, dengan ditandatangani sebuah prasasti. Prodi Fotografi merupakan bagian dari Fakultas Seni Media Rekam ISI Padangpanjang.

Baca Juga: Sumbar Ekspor 27,4 Ton Perikanan Menghasilkan Rp6,2 Miliar

2. Punya tiga kompetensi berbeda

Sumbar Juga Punya Prodi Fotografi di ISI PadangpanjangSumber Gambar: mentoringbisnis.com

Profil lulusan Prodi Fotografi ISI Padang Panjang memiliki kompetensi dalam bidang keahlian fotografi, antara lain Fotografi Ekspresi yang menekankan aspek seni, kreativitas, dan inovasi yang berorientasi pada ekspresi pribadi penciptanya.

Lalu ada Fotografi Komersial yang berkutat pada aplikasi kreativitas dan inovasi dalam wujud pelayanan jasa fotografi secara profesional di dunia kerja, baik secara mandiri maupun di dalam tim.

Kemudian Fotografi Jurnalistik yang menitikberatkan pada kreativitas dan inovasi di bidang foto jurnalistik secara profesional, beretika, dan menjunjung tinggi profesi.

3. Kompetensi Utama

Sumbar Juga Punya Prodi Fotografi di ISI Padangpanjangkompas.com

Manajemen kampus ISI Padang Panjang menitikberatkan mahasiswa pada Prodi Fotografi agar mampu menjadi pengkarya yang kreatif, mandiri, inovatif, berwawasan global. serta mampu mempublikasikan karya di bidang Fotografi.

Mahasiswanya juga didorong melakukan penelitian, pengolah data, penganalisisan data, peka terhadap fenomena, dan kajian di bidang Fotografi, serta mampu mempublikasikan karya ilmiahnya.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Kekerasan Pembubaran Paksa Warga di Sumbar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya