Sudah Sepekan Harga 3 Jenis Cabai di Padang Panjang Naik

Namun harga komoditi utama menurun seperti ayam broiler

Padang Panjang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar) merilis kenaikan harga tiga jenis cabai sejak sepekan pertama. Menurut Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Padang Panjang, Putra Dewangga, ketiga jenis komoditi itu yakni cabai merah, hijau, dan cabai rawit.

"Kenaikan terjadi pada Minggu pertama bulan ini. Naiknya serentak di pasar pusat Padang Panjang," kata Putra Dewangga, Senin (7/8/2023).

Baca Juga: Gubernur Sumsel Klaim Surplus Beras, Bulog Impor Beras Thailand

1. Pengaruh masa panen yang menurun

Sudah Sepekan Harga 3 Jenis Cabai di Padang Panjang NaikLahan tanaman cabai petani korban penggusuran Bandara YIA, 26 April 2020. IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Menurut Putra Dewangga, kenaikan harga ketiga jenis komoditi ini disebabkan karena masa panen cabai yang mulai menurun, sehingga memengaruhi pasokan di pasaran. Harga cabai merah naik Rp2 ribu dari sebelumnya Rp37.500, cabai hijau naik dari Rp30 ribu per kilogram, dan cabai rawit naik dari Rp33 ribu per kilogram menjadi Rp36.250 per kilogram.

"Selain tiga jenis cabai ini, harga komoditi lain seperti sawi bola, terong, seledri, dan minyak goreng kemasan sederhana juga terpantau naik," ujarnya.

Baca Juga: Bulog Sumsel-Babel Terima Pasokan Beras Thailand 12.000 Ton

2. Harga komoditi utama justru menurun

Sudah Sepekan Harga 3 Jenis Cabai di Padang Panjang Naikilustrasi daging ayam segar (unsplash.com/jksloan)

Meski demikian, sektor komoditi utama ada yang mengalami penurunan. Harga daging ayam broiler misalnya terpantau turun dari Rp24.250 per kilogram menjadi Rp23 ribu per kilogram. Penurunan harga daging ayam broiler ini sudah terjadi sejak lima minggu berturut-turut.

Turunnya harga ayam broiler diindikasikan karena adanya penurunan harga jagung untuk peternak sebagai bahan pakan. Sehingga biaya produksi menurun dan harga jual ayam di pasar pun juga menurun,"ujar Putra.

Penurunan harga ayam broiler juga berpengaruh pada turunnya harga ayam kampung besar dari Rp85 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu per kilogram. Daging ayam kampung menengah dari Rp72.500 per ekor menjadi Rp70 per ekor, sedangkan untuk daging ayam kampung kecil dari semula Rp62.500 per ekor kini menjadi Rp60 ribu per ekor.

3. Harga bawang juga ikut turun

Sudah Sepekan Harga 3 Jenis Cabai di Padang Panjang Naikilustrasi bawang (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Selain itu harga bawang merah juga mengalami penurunan dari semula Rp30.500 per kilogram menjadi Rp28.500. Lalu buncis dari Rp10 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram, dan bawang daun dari Rp24 per kilogram menjadi Rp22 per kilogram.

Lalu komoditas utama lain relatif stabil. di antaranya, beras kualitas 1 stabil pada harga Rp15.500 per kilogram. beras kualitas 2 seharga Rp14 ribu per kilogram, beras kualitas 3 stabil pada harga Rp13 ribu per kilogram.

Kemudian daging sapi stabil pada harga Rp145 ribu per kilogram, telur ayam ras stabil pada harga Rp30.400 per kilogram, minyak goreng curah stabil di harga Rp15.500 per kilogram, dan bawang putih masih stabil di harga Rp39.500 per kilogram.

Baca Juga: Proram Stunting Picu Kenaikan Harga Telur di Sumsel, Kok Bisa?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya