RSIA Restu Ibu Padang Beri Layanan Gratis Atasi Stunting ke Bumil

Keluarga kurang mampu hanya diminta membayar dengan doa

Padang, IDN Times - Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Restu Ibu Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) Dr. Evi Deivieni, MARS., menyebut pihaknya mendukung upaya pemerintah mengatasi stunting, atau kasus anak kerdil. Pihak RSIA memberikan pelayanan gratis kepada ibu hamil.

Pelayanan gratis itu kata Evi Deivieni berupa pemeriksaan Ultrasonografi (USG), pemberian susu formula bagi bayi dan balita, hingga persalinan gratis bagi keluarga kurang mampu.

"Program ini dinamakan USG dengan Doa. Dilakukan setiap Jumat dengan kuota 10 orang pasien setiap pekannya," kata Evi, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga: Bikin Duta Gemar Ikan, Cara Palembang Tekan Kasus Stunting

1. Cukup bayar dengan doa

RSIA Restu Ibu Padang Beri Layanan Gratis Atasi Stunting ke BumilIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Evi, pendaftar atau pasien melebihi kuota pada hari itu maka dianjurkan datang pada Jumat berikutnya. Ia menerangkan, pelayanan gratis sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir.

"Program gratis ini dilakukan oleh dokter spesialis kandungan dan sudah berlangsung beberapa tahun belakangan. Kami cukup dibayar dengan doa. agar kita semua sehat-sehat keadaannya," ujar Evi.

Adapun program selanjutnya kata Evi Deivieni memberikan susu formula terhadap bayi berusia 0-6 bulan dan balita berusia 6-12 bulan. Pasien pun dapat menghubungi via WhatsApp atau Instagram @rsiarestuibu saja.

"Alhamdulillah semuanya dapat dilakukan secara online untuk pendaftarannya," sebutnya.

Baca Juga: Sumsel Tekan Stunting Tertinggi Indonesia Ribuan Bidan Terus Diedukasi

2. Mendukung program pemerintah

RSIA Restu Ibu Padang Beri Layanan Gratis Atasi Stunting ke BumilIlustrasi upaya pencegahan stunting. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

RSIA Restu Ibu kota Padang berupaya mendukung program pemerintah dalam mencegah stunting. Ia mengungkapkan, RSIA juga sering membantu persalinan normal atau operasi kepada keluarga kurang mampu.

"Dengan berbagai program mulia ini, kita juga terbuka untuk dibantu oleh Pemko Padang berkerja sama Baznas Kota Padang," ujar Evi Deivieni.

3. Wujudkan generasi emas 2045

RSIA Restu Ibu Padang Beri Layanan Gratis Atasi Stunting ke BumilRumah Baca ID

Evi Deivieni melanjutkan, pihaknya berkeinginan mengambil peran membantu program pemerintah untuk mewujudkan Generasi Emas 2045 serta pencegahan stunting.

"Kita sangat concern dengan stunting. Sebab stunting tidak dapat dideteksi secara langsung, namun bisa diatasi. Seperti melakukan pemeriksaan, sehingga ke depan anak-anak di Kota Padang menjadi cerdas dan sehat," katanya.

Baca Juga: Proram Stunting Picu Kenaikan Harga Telur di Sumsel, Kok Bisa?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya