Pemko Klaim Kota Padang Belum Terdampak El Nino

Curah hujan di Kota Padang masih cukup tinggi

Padang, IDN TImes - Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Sumatra Barat (Sumbar), mengklaim fenomena El Nino belum berdampak di wilayahnya. Menurut Kepala Dinas Pertanian (Distan) Padang, Yoice Yuliani, salah satu indikatornya yakni intensitas curah hujan masih sering terjadi.

"Bisa kita lihat dari intensitas hujan yang masih sering terjadi di Kota Padang. Sejauh perkembangan yang didapati, wilayah yang terdampak El Nino terjadi di Pulau Jawa dan wilayah timur Indonesia," kata Yoice dikutip dari siaran resminya, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga: Padang Siapkan Diri Menjadi Tuan Rumah Penas ke-16 KTNA

1. Siapkan beberapa langkah antisipasi

Pemko Klaim Kota Padang Belum Terdampak El Ninoilustrasi aktivitas pertanian. (Dok. Kementan)

Yoice bilang, pihaknya berharap fenomena El Nino tidak berdampak di Kota Padang. Namun Distan Padang menyiapkan beberapa skenario mengantisipasi El Nino, khususnya di sektor pertanian seperti pengamatan hama dan penyakit tanaman serta pengelolaan irigasi.

"Jika terjadi kemarau yang mengakibatkan kekeringan, hama, atau penyakit tanaman sangat rentan dan cepat berkembang. Dalam pengelolaan irigasi ini, diharapkan masyarakat atau petani dapat lebih selektif lagi. Seperti menata air yang masuk ke sawah," ujarnya.

Baca Juga: Sumsel Ditarget Produksi Beras 1 Juta Ton Hadapi El Nino 

2. Perkuat manajemen pengelolaan air

Pemko Klaim Kota Padang Belum Terdampak El NinoIlustrasi pembuatan embung. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Yoice menambahkan, perlu manajemen yang baik dalam pengelolaan air ketika musim kemarau ekstrem. Perkumpulan Petani Pemakai (P3A) didorong agar mengatur sedemikian rupa agar semuanya mendapat bagian.

"Apabila kelompok tani memiliki pompa air sawah dan dekat sumber air, dapat dibantu menyalurkan air melalui itu. Sebab beberapa kelompok tani sudah difasilitasi dengan pompa air," katanya.

3. Pemilihan pupuk yang tepat

Pemko Klaim Kota Padang Belum Terdampak El Ninoilustrasi pupuk organik (pexels.com/id-id/@teona-swift)

Menurut Yoice, pemilihan pupuk yang tepat juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Pihaknya menganjurkan apabila El Nino berdampak di kota Padang, maka para petani bisa menggunakan pupuk organik. Pupuk organik itu dapat membuat tanah lebih lembab dibandingkan anorganik.

"Pemilihan pupuk organik dirasa lebih efektif dan bagus terhadap tanaman di saat kondisi El Nino. Sementara pupuk anorganik membuat tanah menjadi kering. Apalagi pupuk yang terdapat bahan kimia," tutupnya.

 

Baca Juga: Program RJIT Kementan Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya