PDI Perjuangan Sumbar Target 1 Kursi dari 1 Dapil di Pemilu 2024

Dharmasraya dan Kepulauan Mentawai ditarget dua kursi

Padang, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan, Sumatra Barat (Sumbar), Alex Indra Lukman, menyebut partainya menargetkan satu kursi di setiap daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti. Khusus di wilayah yang menjadi basis atau lumbung suara tetap, target itu meningkat jika dibandingkan Pemilu sebelumnya.

"Target kita satu kursi di satu Dapil untuk seluruh daerah. Kecuali untuk Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, ya, targetnya dua kursi," kata Alex, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga: PDIP Sumssl Targetkan Peningkatan Kursi di DPR dan DPRD

1. Target dua kursi di daerah basis suara

PDI Perjuangan Sumbar Target 1 Kursi dari 1 Dapil di Pemilu 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Dijelaskan Alex, Kabupaten Dharmasraya dan Kepulauan Mentawai selama ini sebagai basis atau lumbung suara PDI Perjuangan di Sumbar. Partainya memandang target dua kursi sebagai hal realistis.

"Dua daerah pengecualian itu karena karena memang merupakan basis suara di Sumbar. Kalau dulu satu kursi di satu dapil, kini target kita di dua daerah itu minimal 2 kursi. Harus ada peningkatan," ujar Alex.

2. Bakal calon legislatif sudah ditetapkan

PDI Perjuangan Sumbar Target 1 Kursi dari 1 Dapil di Pemilu 2024Gedung DPR RI (IDN Times/Kevin Handoko)

Alex melanjutkan, bakal calon legislatif tingkat kota, kabupaten, dan provinsi, sudah ditetapkan meski masih bersifat usulan. Daftar bakal calon bisa saja berubah, tergantung dari keputusan DPP PDI Perjuangan.

"Nama bakal calon legislatif untuk DPR RI ada di tangan DPP partai. Yang jelas, saat ini pengurus partai dan seluruh kader PDI Perjuangan bekerja keras untuk memenangkan Pemilu 2024 nanti," kata Alex.

3. Hilang kursi pada 2019

PDI Perjuangan Sumbar Target 1 Kursi dari 1 Dapil di Pemilu 2024Djohan Chaniago

Menurut Alex, PDI Perjuangan Sumbar pada 2014 mampu meraih dua kursi untuk DPR RI. Namun pada 2019, kursi itu hilang alias gagal diraih karena pelaksanaan Pileg saat itu bersamaan dengan Pilpres.

Pada tahun ini, PDI PerjuanganSumbar sudah memiliki pengalaman dan strategi yang pas untuk mewujudkan target yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Polemik Penundaan Pemilu, Puan Minta KPU Tetap Persiapkan Pemilu 2024 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya