Korban Erupsi Marapi Sumbar Bakal Dapat Santunan dari Prabowo Subianto

Prabowo kunjungi Sumbar besok, Sabtu (9/12/2023).

Padang, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Sumatra Barat (Sumbar), Andre Rosiade, menyebut korban erupsi Gunung Marapi bakal mendapatkan santunan dari calon Presiden RI, Prabowo Subianto.

Prabowo kata Andre, bakal datang dan menyerahkan langsung santunan itu untuk korban, baik yang meninggal dunia maupun yang sedang dirawat di rumah sakit, Sabtu (9/12/2023).

"Pak Prabowo akan membagikan santunan kepada keluarga 23 orang pendaki yang meninggal dunia karena erupsi Gunung Marapi. Masing-masing mendapatkan santunan. Pak Prabowo juga akan membantu biaya lima orang yang masih dirawat di RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi dan RS M Djamil Padang,” kata Andre Rosiade, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga: Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Bertambah, Total 23 Pendaki Tewas 

1. Prabowo juga bagikan trail

Korban Erupsi Marapi Sumbar Bakal Dapat Santunan dari Prabowo SubiantoKorban Erupsi Marapi. DOC. IDN Times/Andri NH

Andre bilang, Prabowo usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) nanti akan bergerak ke Pangkalan Udara Sutan Sjahrir. Selanjutnya naik helikopter menuju Sungai Pua. Selain korban erupsi, Prabowo juga akan membagikan motor trail untuk Babinsa dan Babhinkamtibmas di posko evakuasi.

Selain itu ujar Andre, Prabowo juga akan berdialog dengan masyarakat Sungai Pua dan menyerahkan bantuan sembako, masker, dan susu untuk warga yang terdampak erupsi Gunung Marapi.

"Khusus untuk bantuan TNI, Polri, dan Basarnas, bantuannya akan diberikan oleh tim Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Ini adalah bukti kecintaan Pak Prabowo kepada masyarakat Sumbar. Pada tahun ini saja sudah beberapa kali beliau datang ke Sumbar,” ujar Andre Rosiade

Tak hanya itu saja kata Andre, Nagari yang ikut terdepan membantu mengevakuasi korban seperti Nagari Batu Palano, Sarik, Balingka, Koto Tuo, Sungai Puar dan Batatak, akan diberikan reward oleh Prabowo.

Baca Juga: 47 Pendaki Terdampak Erupsi Gunung Marapi, 19 Orang Dievakuasi

2. Pimpin konsolidasi dengan TKD

Korban Erupsi Marapi Sumbar Bakal Dapat Santunan dari Prabowo SubiantoIDN Times/Axel Joshua Harianja

Dari Sungai Pua, Prabowo Subianto akan kembali bergerak ke kota Padang menggunakan helikopter. Ia dijadwalkan berkunjung dan berdialog dengan para pedagang di Pasar Raya Padang.

"Setelah itu, pak Prabowo akan menuju Hotel Mercure dan memimpin konsolidasi dengan TKD Prabowo-Gibran Sumbar. Sekitar pukul 13.30 WIB ke Semarang melalui BIM," tutup Andre.

3. Sebanyak 23 pendaki meninggal

Korban Erupsi Marapi Sumbar Bakal Dapat Santunan dari Prabowo SubiantoEvakuasi Korban Erupsi Marapi. DOC. IDN Times/Andri NH

Diketahui, peristiwa letusan dan erupsi Gunung Marapi Sumbar terjadi pada Minggu (3/12/2023) sore. Sebanyak 75 pendaki berada di area cadas dan puncak Marapi. Dari 75 pendaki itu, 23 orang terkonfirmasi meninggal dunia.

Proses pencarian dan evakuasi korban pun sudah resmi ditutup. Namun tim gabungan sampai hari ini masih berada di posko penanggulangan bencana erupsi untuk memperkuat mitigasi bencana.

Baca Juga: Pencarian Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Resmi Dihentikan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya