Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Bertambah, Total 23 Pendaki Tewas 

32 tim terdiri 300 orang masih cari kemungkinan korban lain

Padang, IDN Times - Jumlah korban meninggal dunia akibat peristiwa erupsi Gunung Marapi, Sumatra Barat (Sumbar) terus bertambah. Berdasarkan data terakhir Disaster Victim Identification (DVI) yang dirilis malam tadi, jumlah korban tewas mencapai 23 orang. Mereka adalah warga yang melakukan pendakian pada Sabtu (2/12/2023) pekan kemarin.

"Total korban tewas erupsi Gunung Marapi adalah 23 orang. Semuanya pendaki," kata Kapolda Sumbar. Irjen Pol Suharyono, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga: 5 Orang Pendaki Tewas di Gunung Marapi Berhasil Dievakuasi

1. Kemungkinan korban bertambah

Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Bertambah, Total 23 Pendaki Tewas Evakuasi Korban Erupsi Marapi. DOC. IDN Times/Andri NH

Menurut Suharyono kemungkinan jumlah korban erupsi Gunung Marapi akan terus bertambah. Sebanyak 32 tim yang terdiri dari 300 orang personel masih dikerahkan untuk melakukan pencarian dan evakuasi kemungkinan adanya korban lain.

Ia menyebut, total keseluruhan pendaki yang terdata di pos pendakian Gunung Marapi sebanyak 75 orang. Meski demikian, kemungkinan jumlah korban bertambah.

Baca Juga: 12 Pendaki Gunung Marapi Sumbar Belum Ditemukan

2. Jenazah sudah teridentifikasi

Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Bertambah, Total 23 Pendaki Tewas Erupsi Marapi. IDN Times/Andri NH

Menurut Kabiddokkes Polda Sumbar, Kombes Pol drg. Lisda Cancer, sampai malam tadi dari 16 jenazah sudah teridentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI).

“Ada 16 jenazah sudah teridentifikasi. Pagi ini ada lima jenazah yang akan diidentifikasi lagi. Jenazah yang teridentifikasi, sudah diserahkan ke pihak keluarga," kata Lisda.

3. Teridentifikasi melalui sidik jari

Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Bertambah, Total 23 Pendaki Tewas cnn.com

Lisda menyebut selain melalui sistem sidik jari yang terkoneksi dengan KTP, korban juga teridentifikasi melalui data medis dan ciri-ciri khusus dari korban. Meski mengalami luka bakar serius, namun rata-rata kondisi korban bagus walau.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Api Marapi, tercatat sudah 58 kali letusan dan 194 hembusan erupsi gunung marapi. Meski demikian, status gunung marapi sampai saat ini masih berada di level II (Waspada).

Baca Juga: 4 Perbedaan Gunung Merapi dan Marapi yang Dianggap Sama

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya