Comscore Tracker

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Hijrah Dukung Ekonomi Syariah  

Sumbar pilot project penerapan keuangan dan ekonomi Ssyariah

Padang, IDN Times -  Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, Sumbar telah ditetapkan sebagai provinsi pilot project penerapan keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia.

Seiring dengan itu, masih dalam momentum 1 Muharam, Pemerintah Provinsi Sumbar mengajak seluruh masyarakat untuk hijrah menuju kehidupan yang lebih baik.

Kehidupan yang lebih baik, maksudnya dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan. Diantaranya, dengan mendukung ekonomi syariah. Penerapan sistem keuangan dan ekonomi syariah di Sumbar, sejalan dengan target Presiden RI Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai negara pusat sistem keuangan dan perekonomian syariah dunia. 

"Sumbar telah ditetapkan sebagai provinsi pilot project penerapan keuangan dan ekonomi syariah di Indonesia. Karena itu, melalui momentum 1 Muharam ini, mari kita hijrah pada sistem ekonomi yang lebih berkah ini,”kata Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: Bantah Megawati, Andre Rosiade sebut Warga Sumbar Tetap Gotong Royong

1. Faktor penduduk Indonesia mayoritas muslim

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Hijrah Dukung Ekonomi Syariah  Umat muslim menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1441 H di Masjid Al Azhar, Jakarta, Jumat (31/7/2020). Umat muslim di seluruh Indonesia mulai melaksanakan shalat Idul Adha secara berjamaah di tengah pandemik COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.

Menurut Mahyeldi, banyak faktor mendasari keinginan itu. Di antaranya, penduduk Indonesia mayoritas muslim. Di antara banyak provinsi di Indonesia, Sumatera Barat adalah yang memiliki prospek terdepan penerapan sistem itu karena punya falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah atau adat bersendikan agama dan agama bersendi Al-Qu'ran.

“Lalu, persentase penduduk muslim di Sumbar yang mencapai 95 persen muslim, diyakini akan mudah menerima sistem keuangan dan perekonomian Syariah

2. Sumbar pernah dapatkan penghargaan internasional bidang destinasi halal terbaik

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Hijrah Dukung Ekonomi Syariah  Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah. (IDN Times/Herka Yanis)

Mahyeldi menambahkan, Sumatera Barat pernah mendapatkan penghargaan internasional di bidang destinasi halal terbaik. Itu artinya, kita sudah memiliki perangkat untuk menerapkan sistem keuangan dan perekonomian syariah.

Kita juga, merupakan provinsi pertama yang ditunjuk sebagai pelaksana program wakaf uang dan Bank Nagari juga ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai lembaga keuangan untuk pengelolaan wakaf.

“Ke depan, secara bertahap seluruh produk di Sumbar juga harus bersertifikat halal sebagai salah satu bentuk penerapan sistem keuangan dan perekonomian syariah,”ujarnya.

3. Wapres apresiasi semangat sumbar

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Hijrah Dukung Ekonomi Syariah  Wapres Ma'Aruf Amin saat berpidato sebelum meresmikan pasar rakyat Pariaman. IDN Times/Andri NH

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin mengapresiasi Sumbar yang memiliki semangat untuk berhijrah  mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.  Menurutnya, ikhtiar hijrah sedang bergelora di Sumatera Barat melalui penguatan ekonomi dan keuangan syariah yang insyaallah, akan bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Semangat hijrah pada dasarnya juga telah menginspirasi bangsa Indonesia secara umum untuk bertransformasi menuju negara yang kuat dan bermartabat. Upaya Pemprov Sumbar dalam menggelorakan ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia. Sudah waktunya kita berada di depan menjadi pelopor penerapan ekonomi dan keuangan syariah yang tidak saja sesuai dengan aturan agama tapi juga berkeadilan, kompetitif dan menguntungkan,” kata Ma'ruf Amin Selasa kemarin. 

Baca Juga: Sumbar Berangkatkan 10 Pekerja Migran ke Jepang di Masa Pandemik

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya