Atribut PKS dan Nasdem Dicopot Jelang Lawatan Anies ke Bukittinggi

Satpol PP menyebut pihaknya cuma menjalankan Perda

Padang, IDN Times - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), mencopot atribut bendera Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pencopotan atribut itu dilakukan jelang kunjungan Bakal Calon Presiden (Bacapred) Anies Baswedan ke Bukittinggi.

Kegiatan yang dilakukan personel Satpol PP Bukittinggi itu terekam kamera video ponsel warga dan beredar di media sosial. Komentar beragam pun menghiasi laman media sosial.

Baca Juga: Irman Gusman Dicoret KPU Sumbar dari Daftar Calon Anggota DPD RI

1. Sesuai dengan Perda

Atribut PKS dan Nasdem Dicopot Jelang Lawatan Anies ke BukittinggiLogo NasDem. IDN Times/Istimewa

Menurut Kepala Satpol PP Kota Bukittinggi, Joni Feri, penertiban bendera partai yang dilakukan personelnya sudah sesuai dengan Peraturan (Perda) nomor 03 tahun 2015 tentang trantibum khususnya pasal 11 huruf c.

Ia menjelaskan, setiap orang atau badan dilarang memasang, menempelkan, dan menggantungkan benda-benda apapun di pohon, jalur hijau, taman, serta tempat umum tanpa izin dari wali kota atau pejabat yang ditunjuk.

"Tidak ada kaitannya (dengan kunjungan Anies)," kata Joni Feri, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Ribuan Relawan Sambut Prabowo di Bandara Minangkabau Sumbar

2. Bantah pencopotan jelang kedatangan Anies

Atribut PKS dan Nasdem Dicopot Jelang Lawatan Anies ke BukittinggiRelawan Anies Baswedan yang tergabung di dalam Go-Anies memakaikan jaket kuning ke Anies Baswedan. (Dokumentasi Relawan Anies)

Joni menegaskan penertiban kali ini tidak cuma soal bendera partai seperti pada video yang beredar, namun semua yang dianggap melanggar dengan ketentuan Perda. Ia pun memastikan apa yang dilakukan pihaknya sama sekali tidak ada kaitan dengan kedatangan atau kunjungan Anies ke Bukittinggi.

“Penertiban dilakukan seputaran kota, fasum lebih banyak di taman-taman kota. Semua sesuai yang tertera di pasal 11 huruf c dan tidak memiliki izin," ujarnya.

3. Anies Baswedan melawat ke tiga wilayah

Atribut PKS dan Nasdem Dicopot Jelang Lawatan Anies ke BukittinggiMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Anies Baswedan tiba di Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Sebelum bertolak ke Bukittinggi, Anies terlebih dahulu diagendakan berziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman.

Selain menikmati kuliner dan pesona malam Bukittinggi, Anies juga akan menyapa warga setempat. Besok, mantan Gubernur DKI Jakarta ini dijadwalkan akan berkunjung ke Museum Bung Hatta dan melanjutkan perjalanan ke kota Padang Panjang.

Baca Juga: Pemda Sumsel Diminta Alokasikan Biaya Pilkada 2024 di APBD

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya