TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kunci Kebiasaan Hidup Sehat Ala Dokter di Sekolah Kesehatan Harvard

Banyak orang ingin sehat tapi tak terapkan pola hidup sehat

pixabay

Kesehatan yang baik tak sekadar bebas dari virus atau penyakit, tetapi juga keadaan fisik, mental, atau hidup sosial yang utuh. Tubuh seperti mesin yang membutuhkan keseimbangan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air agar tetap bekerja dengan baik.

Jika keseimbangan itu tidak dijaga, kesehatan tubuh dipastikan akan terganggu. Banyak dari kita menginginkan tubuh yang sehat namun tak menerapkan pola hidup sehat. Berikut kunci hidup sehat ala Dr Monique Tello, seorang dokter di Harvard Medical School.

Baca Juga: 6 Manfaat Jintan Hitam, Cegah Kanker Hingga Turunkan Berat Badan

Baca Juga: 4 Minuman Sehat Bantu Netralisir Makanan Santan Usai Lebaran

1. Dimulai dari diet sehat

pixabay

Berdasarkan asupan makanan sehat yang dikonsumsi seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3.

Sedangkan makanan kurang sehat seperti daging merah dan olahan, minuman manis, lemak trans, dan natrium. Perbandingan antara makanan sehat dan makanan tidak sehat dapat menentukan kesehatan tubuh.

2. Aktifitas fisik yang sehat 

pixabay

Seseorang memerlukan 30 menit aktivitas olahraga atau fisik setiap hari agar dapat menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Seseorang harus melakukan aktivitas fisik selama 150 menit dalam sepekan. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan jadwal kegiatan harian.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemik Versi Ahli Mikrobiologi Sumsel

3. Setop atau tidak merokok

pixabay

Tanpa asap rokok di paru-paru kita, sirkulasi oksigen dan darah dalam tubuh menjadi semakin lancar serta bersih dari penyakit kanker.

Selain itu dengan tak merokok, tubuh akan terasa lebih segar dibanding menghirup asap rokok.

4. Asupan alkohol sedang 

pixabay

Ambang batas alkohol antara 5 dan 15 gram per hari untuk perempuan. Sedangkan bagi tubuh pria maksimal 30 gram per hari.

Umumnya, satu minuman mengandung sekitar 14 gram alkohol murni. Selain Itu terdapat 12 ons bir biasa, 5 ons anggur, atau 1,5 ons minuman keras suling (Distilled Spirits).

Baca Juga: Masih Kesal Kolesterol Naik Saat Lebaran Kemarin? Coba 5 Cara Ini 

Writer

Anthony Tjandra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya