Comscore Tracker

Palembang Punya Mal Pelayanan Publik, Terlengkap di Indonesia!

Pemkot Palembang optimis dapat serap investasi dengan MPP

Palembang, IDN Times - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahyo Kumolo, meresmikan Mal Pelayanan Publik atau MPP di Palembang. MPP diresmikan untuk mempermudah proses investasi yang dilakukan oleh masyarakat, Jumat (27/11/2020).

Palembang menjadi wilayah ke-30, setelah 29 wilayah lainnya memiliki fasilitas yang sama. Namun MPP di Palembang menjadi yang terbesar di Indonesia dengan 28 instansi dan 373 jenis pelayanan.

"MPP ini dapat mengambil keputusan cepat, melayani masyarakat dengan cepat, memberikan izin bagi persoalan yang ada. Masyarakat akan lebih nyaman berinvestasi dengan adanya MPP di Palembang," ungkap Tjahyo Kumolo dalam peresmian MPP di Gedung MPP Jakabaring, Jumat (27/11/2020).

1. MPP dapat memangkas birokrasi yang berbelit

Palembang Punya Mal Pelayanan Publik, Terlengkap di Indonesia!Pemotongan pita peresmian Mal Pelayanan Publik (IDN Times/istimewa)

Selain mempermudah investasi, Tjahyo meyakini MPP sejalan dengan visi Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk membuka keran investasi serta memangkas regulasi yang berbelit. Dirinya berpesan, jangan sampai ada lagi investasi yang digunakan untuk pembangunan daerah dan negara namun terhalang hal teknis.

"Dengan adanya MPP, regulasi berbelit akan terpangkas. Sehingga peraturan yang rumit akan mudah dan memperpendek jalur birokrasi," jelas dia.

Baca Juga: Inovasi Strategi Riset Teknologi, Semen Baturaja Bentuk ICRI

2. Pemerintah pusat dukung penuh penyederhanaan investasi

Palembang Punya Mal Pelayanan Publik, Terlengkap di Indonesia!Walikota Palembang Harnojoyo, Gubernur Sumsel Herman Deru, Menpan RB Tjahyo Kumolo (IDN Times/istimewa)

Dalam berapa waktu terakhir, pemerintah pusat serius membenahi birokrasi. Langkah kongkret yang diambil, 27 lembaga negara dibubarkan sehingga tidak ada lagi tumpang tindih kebijakan yang menghalangi investasi masuk.

"Total pekan depan akan ada 10 lagi lembaga yang akan dibubarkan. Tentu ini akan mempermudah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah," jelas dia.

3. MPP dilengkapi fasilitas yang mempermudah investasi dan pelayanan publik

Palembang Punya Mal Pelayanan Publik, Terlengkap di Indonesia!Pemotongan pita peresmian Mal Pelayanan Publik (IDN Times/istimewa)

Sementara itu, Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo menuturkan, MPP akan melayani masyarakat dari mulai pelayanan KTP elektronik, Kartu Keluarga, rekomendasi perizinan, layanan bank, layanan imigrasi, BPJS, Samsat Drive thru, dan lain-lain.

Untuk lebih mempermudah layanan, MPP juga akan menerima pelayanan bekerja sama dengan PT Gojek, sehingga berkas dapat diambil dan diantar menggunakan layanan tersebut.

"Pada prinsipnya kami ingin memberikan pelayanan terbaik bukan hanya gedung yang besar bukan hanya pelayanan yang lengkap tapi yang terbaik bagi masyarakat. Bahkan kalau perlu masyarakat tidak perlu datang lagi ke sini cukup diantarkan berkasnya saja," jelas dia.

4. Pemkot Palembang berharap MPP dapat tingkatkan nilai investasi yang masuk

Palembang Punya Mal Pelayanan Publik, Terlengkap di Indonesia!Ilustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Bidang Pengendalian Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Palembang, Hastuti mengungkapkan, pihaknya berharap adanya MPP akan membuka investasi yang lebih baik untuk Palembang.

Pasalnya di awal tahun, pihaknya menargetkan investasi Rp3,2 triliun namun tak sampai triwulan III 2020, baru tercapai 713 miliar. Pihaknya berharap pada akhir tahun investasi yang terserap akan lebih tinggi.

"Biasanya untuk membuat perizinan bisa berbulan-bulan, kini hanya beberapa hari saja karena semua sudah tersedia di satu tempat," tutup dia.

Baca Juga: 4 Sektor Unggulan Ini Diklaim Mampu Tarik Investor ke Palembang

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya