Comscore Tracker

Jaringan 4G XL Axiata Meluas di 132 Titik Wilayah 3T Pulau Sumatra

XL Axiata berusaha hapus kesenjangan internet di daerah 

Palembang, IDN Times - PT XL Axiata Tbk memperluas jaringan layanan 4G di 132 titik wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Pulau Sumatra, sebagai upaya pemerataan infrastruktur telekomunikasi broadband. Perluasan ini bekerja sama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Melalui kerja sama ini, XL Axiata berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab menyediakan layanan telekomunikasi dan data 4G," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (26/1/2022).

1. XL Axiata ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional

Jaringan 4G XL Axiata Meluas di 132 Titik Wilayah 3T Pulau SumatraPT XL Axiata (XL Axiata) terus memperluas jaringan data di seluruh wilayah layanan. (IDN Times/Istimewa)

Langkah pemerataan infrastruktur telekomunikasi broadband, XL Axiata menunaikan kepercayaan pemerintah kepada perusahaan jaringan seluler dalam menyediakan layanan di desa-desa terpencil.

"XL Axiata ikut berkontribusi pada pembangunan nasional dan menyukseskan program pemerintah. Kebanggaan makin bermakna jika masyarakat bisa memanfaatkan layanan, sekaligus membuka akses lebih mudah yang serba digital," kata dia.

Baca Juga: Pengguna XL Axiata di Sumatra Mencapai 20 Persen Melebihi Jawa

2. Layanan 4G XL Axiata di 132 titik tersebar di 62 kabupaten

Jaringan 4G XL Axiata Meluas di 132 Titik Wilayah 3T Pulau SumatraXL Axiata tambah kapasitas jaringan telekomunikasi (IDN Times/XL Axiata)

Layanan 4G XL Axiata di wilayah 3T mencakup Area 1-Sumatra di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Riau, dengan total tambahan 132 titik di 62 kabupaten, termasuk sejumlah pulau terpencil di kawasan timur Indonesia.

Beberapa titik-titik lokasi jaringan 4G yang akan dikelola oleh XL Axiata di Sumatra berada di Samudera Hindia seperti Mentawai (Sumatra Barat), Nias (Sumatra Utara), serta Pulau Banyak dan Pulau Aceh (Aceh), termasuk di Natuna dan Anambas (Kepulauan Riau) yang jauh berada di Laut Cina Selatan.

"Selanjutnya di perairan Selat Malaka antara lain Pulau Jemur, Kecamatan Rupat Utara dan Kepulauan Meranti yang masuk Provinsi Riau. Titik lainnya berada di desa-desa terpencil yang tersebar ke kabupaten di Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Lampung," jelasnya.

Baca Juga: Trafik Data XL Axiata Naik 35 Persen Pasca Lebaran 2021

3. XL Axiata berusaha menghapus kesenjangan akses internet di daerah terpencil

Jaringan 4G XL Axiata Meluas di 132 Titik Wilayah 3T Pulau SumatraPengguna Layanan XL Axiata di Sumatra Capai 20% Melebihi Jawa (IDN Times/Dok. XL Axiata)

Layanan XL Axiata di daerah terpencil merupakan komitmen perusahaan kepada pemerintah untuk membangun jaringan 4G ke 861 desa terpencil. Sebelumnya, XL Axiata juga membangun layanan di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, hingga Papua dan Papua Barat.

"Manajemen XL Axiata berharap, keikutsertaan dalam menyediakan jaringan 4G baik melalui program ini maupun perluasan jaringan secara mandiri, akan mampu ikut menghapus kesenjangan akses internet di area-area terpencil di berbagai daerah," kata Dian.

Baca Juga: XL Axiata Prediksi Trafik Naik 10 Persen Saat Ramadan

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya