Comscore Tracker

5 Aplikasi Edit Foto Gratis, Bikin Feed Instagram Jadi Lebih Oke!

Fitur cahaya dan efeknya beragam lho!

Siapa sih yang gak mau foto-fotonya terlihat lebih sempurna saat di-posting ke feed Instagram? Apalagi kalau foto-foto yang akan diunggah jadi foto andalan. Nah biasanya, sebagian di antara kalian suka bingung kan, kira-kira aplikasi apa yang paling cocok untuk bikin foto jadi lebih oke dengan beragam filter dan efek.

Kali Ini, IDN Times bakal merekomendasikan lima aplikasi edit foto gratis yang bisa diunduh langsung lewat smartphone android dan iOS kalian. Selain banyak fitur menarik, aplikasi ini juga mudah dipergunakan lho. Penasaran, apa saja? Simak pilihan aplikasinya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Mirip iPhone 8, Kualitas Setara iPhone 11! Ini Penampakan iPhone SE 2 

1. Picsart Editor

5 Aplikasi Edit Foto Gratis, Bikin Feed Instagram Jadi Lebih Oke!Ilustrasi aplikasi edit foto (IDN TIMES/Dokumen)

Picsart Editor merupakan salah satu aplikasi edit foto yang paling populer di kalangan anak muda loh. Ini terbukti dari testimoni komentar yang kebanyakan berasal dari anak millennials dan usia remaja. Secara ukuran file, Picsart Editor hanya menghabiskan 30 megabyte yang gak bakal memenuhi memori handphone terlalu banyak kan.

Menariknya, Picsart Editor juga memiliki fitur lain seperti stickers yang bisa membuat foto jadi lebih variatif . Meskipun aplikasi ini gratis, tapi ada juga beberapa efek yang mengharuskan kalian untuk membeli. Picsart Editor mempunyai banyak tools dan alat untuk menciptakan overlay hampir mirip dengan Photoshop versi smartphone.

Baca Juga: Layar Smartphone 90Hz Jadi Tren, Ini 7 Terbaik di 2020

2. Snapseed

5 Aplikasi Edit Foto Gratis, Bikin Feed Instagram Jadi Lebih Oke!Ilustrasi aplikasi edit foto (IDN TIMES/Dokumen)

Siapa sangka, ternyata aplikasi Snapseed merupakan aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh Google lho. Aplikasi ini memiliki segudang fitur edit foto semi profesional yang disesuaikan untuk penggunaan di perangkat smartphone maupun tablet.

Selain mudah dicoba, aplikasi Snapseed mempunyai fitur tune image yang berguna untuk mengatur kestabilan kontras cahaya pada dasar foto. Mulai dari tools brightness, saturation, contrast, hingga efek warmth. Gimana? Berminat edit foto pakai aplikasi ini?

3. VSCO

5 Aplikasi Edit Foto Gratis, Bikin Feed Instagram Jadi Lebih Oke!Ilustrasi aplikasi edit foto (IDN TIMES/Dokumen)

Dari beberapa aplikasi edit foto sebelumnya, aplikasi VSCO ini patut diakui jadi salah satu aplikasi favorit para editing fotografi baik di android ataupun iOS. Pasalnya sejak rilis pada tahun 2011 lalu, VSCO sampai sekarang masih saja diminati oleh pengguna. Terbukti dari ranking di layanan market, VSCO tetap masuk dalam urutan 10 besar aplikasi edit foto populer.

Secara fitur, filter di VSCO banyak menawarkan pilihan preset mulai dari pengaturan exposure light, shadow, tone shadow, setting vignette dan lain-lain. Walaupun VSCO mudah diunduh dan gratis. Perlu diketahui, ada beberapa efek yang wajib dibeli untuk menghasilkan warna foto jadi lebih sempurna.

Baca Juga: Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi Cegah Corona, Begini Cara Pakainya 

4. Facetune 2

5 Aplikasi Edit Foto Gratis, Bikin Feed Instagram Jadi Lebih Oke!Ilustrasi aplikasi edit foto (IDN TIMES/Dokumen)

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi yang menawarkan filter cahaya bervariasi, aplikasi facetune 2 ini lebih tepat digunakan dalam meningkatkan kualitas pengeditan foto selfie. Apalagi pengembang aplikasi facetune 2 menawarkan berbagai fungsi profesional pengeditan dasar seperti fitur perbaikan wajah. Contohnya, foto selfie bisa terlihat lebih natural dengan perubahan bentuk mata, mulut , dagu, alis dan lainnya.

Selain memperbaiki bentuk wajah jadi lebih sempurna, Facetune 2 juga memberikan fitur tampilan foto tanpa kabur sehingga Ketika foto diposting akan mendapatkan hasil yang spektakuler. Perlu dipahami, aplikasi facetune 2 memang khusus didesain untuk mengolah foto selfie tanpa mengurangi fungsinya dalam mengedit foto jepretan objek lain.

5. Adobe Lightroom

5 Aplikasi Edit Foto Gratis, Bikin Feed Instagram Jadi Lebih Oke!Ilustrasi aplikasi edit foto (IDN TIMES/Dokumen)

Setelah mengunduh aplikasi Adobe Lightroom, selanjutnya apa yang harus dilakukan? Aplikasi ini sekarang sedang digandrungi para fotografer profesional. Mengapa? Foto yang telah diedit menggunakan aplikasi tersebut mendukung format file RAW, yang menangkap semua data gambar. Berbeda dengan format JPEG yang datanya terkompresi.

Tidak hanya itu, Adobe Lightroom juga sudah mendukung sinkronisasi cloud yang bisa diakses oleh perangkat smartphone apapun. Kemudian, secara fitur aplikasi ini adalah salah satu alat edit foto yang menawarkan penggunaan all in one.

Maksudnya, dalam satu aplikasi kalian sudah bisa menikmati banyak filter seperti efek tekstur, kejernihan, efek kabut, grain dan bahkan bisa mengubah rasio foto berukuran 16:9, 3:2, 4:3 atau 1:1.

Gimana, sudah siap edit foto biar makin banyak followers

Baca Juga: Larang Aplikasi Zoom, BNPT Ingatkan Pencurian Data dari Aplikasi 

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya