Comscore Tracker

Nil Maizar Ubah Strategi Sriwijaya FC Hadapi PSPS Riau

Nil Maizar berharap ada gol tambahan dari Afriansyah

Palembang, IDN Times - Laga ketiga Sriwijaya FC (SFC) di Grup A Liga 2 Indonesia bakal dipertemukan dengan PSPS Riau. Duel klub Sumatra akan berlangsung, Jumat (15/10/2021) pukul 15:15 WIB di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang.

Pelatih Kepala SFC, Nil Maizar mengatakan, dirinya menyiapkan strategi khusus menghadapi klub Askar Bertuah. Seperti mengubah formasi pemain di starting eleven. Pada dua pertandingan sebelumnya, rombongan Rizky Darmawan sudah memberikan permainan maksimal.

"Secara umum kita siap (hadapi laga), pemain juga sehat walfiat. Kita lihat situasi akan ada pergantian rotasi pemain," ujar eks pelatih Semen Padang itu lewat siaran pers Pre Match, Kamis (14/10/2021).

1. Beberapa pemain Sriwijaya FC dalam kondisi kurang stabil

Nil Maizar Ubah Strategi Sriwijaya FC Hadapi PSPS RiauSriwijaya FC latihan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sriwijaya FC masih bertengger di posisi teratas setekah memenangkan dua pertandingan sebelumnya, yakni melawan Muba Babel United (MBU) FC dan Semen Padang. Kendati tim belum tergoyahkan, Nil Maizar tetap memerhatikan kondisi pemain. Usai beberapa pertandingan lalu, beberapa fisik pemain dalam kondisi kelelahan.

"Pemain kurang fit atau kurang stabil, ada 1-2 orang. Kondisi mereka pasti saya cek. Kalau fit diajukan (starting eleven) tetap. Tapi yang tidak siap, ya tidak turun ke lapangan," kata dia.

Baca Juga: Menang dari Semen Padang, Pelatih SFC Ingatkan Pemain Jangan Puas

2. Sriwijaya FC evaluasi tim agar mental pemain tidak terganggu

Nil Maizar Ubah Strategi Sriwijaya FC Hadapi PSPS RiauPelatih sriwijaya fc, nil maizar (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut pelatih asal Payakumbuh ini, evaluasi pemain menuju laga lanjutan hanya sedikit waktu istirahat empat hari. Walaupun begitu, tim dipastikan siap fisik maupun mental.

"Jangan sampai mental anak-anak terganggu. Maka kita pantau evaluasi setiap latihan. Termasuk menganalisa kekuatan dan kelemahan lawan," timpalnya.

Sriwijaya FC menarget tiga poin tambahan lawan PSPS Riau dan berharap besar kepada kemampuan striker Afriansyah, yang dalam dua laga sebelumnya berhasil mencetak gol kemenangan.

"Untuk Afriansyah pasti (berharap), karena pada tiap pertandingan striker itu harus ada penyerangan. Harapannya dia bisa menjadi lebih baik dan menghasilkan permainan positif juga buat tim," ungkap dia.

3. PSPS Riau bersikap profesional lawan Sriwijaya FC

Nil Maizar Ubah Strategi Sriwijaya FC Hadapi PSPS RiauLatihan perdana Sriwijaya FC di Lapangan Baseball Jakabaring Sport City (JSC), 2 April 2021 (IDN Times/Dokumen Media Officer SFC)

Pelatih PSPS Riau, Jafri Sastra melanjutkan, dirinya juga menyiapkan strategi menghadapi Sriwijaya FC, meski antara dia dengan Nil Maizar sama-sama pesepak bola asal Payakumbuh. Ia mengaku harus bersikap profesional walau bertemu rekan sejawat di lapangan.

"Ketika kompetisi berjalan, yang pasti besok kami (dirinya dan Nil Maizar) sudah berbeda baju. Wajib bertanding profesional, kita sering ngobrol bersama, tapi laga ini kita harus saling diam selama 90 menit," jelasnya.

Menyoal pemain PSPS Riau, Jafri memastikan semuanya dalam kondisi baik. Walaupun beberapa pemain mengalami cedera seperti Adri dan Kevin. "Soal kesiapan harus, dalam kondisi apa pun. Meski memang space pemulihan dan istirahat waktunya bisa dikatakan kurang cukup," tandas dia.

Baca Juga: Manajemen Sriwijaya FC Janjikan 2 Jenis Bonus Kepada Pemain

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya