Erick Thohir Tinjau Seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di Palembang

126 pesepak bola ikut seleksi di Lapangan Atletik Jakabaring

Palembang, IDN Times - Ketua Umun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mendukung langsung pesepak bola muda yang mengikuti seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di Lapangan Atletik Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang, Jumat (14/7/2023).

"Saya berharap yang ikut seleksi bisa memberikan terbaik, dan bisa menjadi bagian mimpi kita bersama," ujarnya saat melihat proses seleksi sekaligus meninjau Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ).

Baca Juga: Pemprov Sumsel Minta Sriwijaya FC Tak Sembarangan Gunakan Stadion

1. Seleksi Timnas sebagai terobosan mencari bibit pemain

Erick Thohir Tinjau Seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di PalembangKetum PSSI Erick Thohir (Istimewa)

Sebanyak 126 orang pesepak bola muda mengikuti seleksi calon pemain Timnas. Ratusan peserta seleksi itu berasal dari Bangka Belitung, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi. Erick Thohir meninjau langsung bersama Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dan Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti.

Menurut Erick, program seleksi merupakan sebuah terobosan jangka panjang dan berkesinambungan, demi mencari bibit pemain sepak bola nasional di masa depan.

"Indonesia sangat terganggu ketika ada persepsi penduduk kita sebanyak 280 juta orang, tapi kok tidak bisa bisa mencari 11 pemain (sepak bola) terbaik. Makanya digelar seleksi ini selain untuk timnas U-17," katanya.

Baca Juga: Coach Yoyo Fokus Materi Taktikal, Sriwijaya FC Perkuat Serangan

2. Ribuan orang dari seluruh Indonesia ikut seleksi Timnas

Erick Thohir Tinjau Seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di PalembangPeserta seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di Palembang (Istimewa)

Proses seleksi Timnas Piala Dunia U-17 digelar dan diagendakan PSSI secara nasional hingga 30 Juli 2023. Selain Palembang, program seleksi juga dilaksanakan di Bandung, Gianyar, Tanggerang, Samarinda, Banjarmasin, Surakarta, Medan, Surabaya, Manado, Makassar, serta Jakarta.

"Seleksi di semua daerah disambut antusias. Tercatat ada ribuan orang pesepak bola usia di bawah 17 tahun yang mendaftar," timpal dia.

3. Pesepak bola muda berhak menerima pembinaan lanjutan

Erick Thohir Tinjau Seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di PalembangSeleksi Timnas Piala Dunia U-17 di Palembang (Istimewa)

Sedangkan untuk jumlah pendaftar seleksi paling banyak berasal dari Gianyar, Bali hingga mencapai 3 ribu orang. Semua peserta seleksi berkesempatan untuk bergabung dalam tim Indonesia U-17.

"Bagi mereka yang lolos seleksi akan dikumpulkan untuk mengikuti proses pembinaan selanjutnya," katanya.

Kata Erick, para pemain itu disiapkan sebagai pondasi Indonesia yang tidak hanya menyambut Piala Dunia U-17 2023.

"Tapi juga untuk Piala Dunia U-20 dan U-23. Bahkan timnas senior nantinya," ungkap

4. Semua peserta seleksi berpeluang gabung Timnas

Erick Thohir Tinjau Seleksi Timnas Piala Dunia U-17 di PalembangSeleksi Timnas Piala Dunia U-17 di Palembang (Istimewa)

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti menambahkan, seluruh rangkaian seleksi dilakukan secara transparan dan sangat subjektif untuk melihat kemampuan permainan secara individu maupun kelompok. PSSI hanya mengambil pemain terbaik dari setiap daerah, dan dibawa ke Jakarta untuk berlatih bersama 34 orang tim inti Timnas Indonesia U-17.

"Sesuai kebutuhan tidak hanya satu atau dua pemain, bahkan bisa enam orang kita pilih, jadi semua ada peluang. Kehadiran mereka dapat menyempurnakan tim yang ada saat ini," jelasnya.

Baca Juga: Coach Yoyo Evaluasi Pemain Sriwijaya FC, Berikut Daftar Susunan Pemain

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya