Kontingen Muba Masih Kokoh Pimpin Porprov XII Prabumulih

Sementara Muba memperoleh 70 medali, Palembang 56 medali

Palembang, IDN Times -Kontingen Musi Banyuasin (Muba) masih mendominasi perolehan medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Prabumulih. Raihan medali emas yang dikumpulkan Muba, jauh meninggalkan juara pada Porprov sebelumnya, yakni Palembang.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum KONI Palembang, Suparman Romans mengatakan, tetap optimistis untuk mempertahankan gelar Palembang sebagai juara umum. Walau mereka sudah tertinggal dari Muba.

"Masih banyak cabor perorangan yang belum dijadwalkan bertanding, seperti atletik, renang,  taekwondo, kempo ada juga sepatu roda dan terakhir sepeda, dari cabor ini kita masih targetkan antara 90-100 emas" ujarnya kepada IDN Times saat dihubungi melalui ponsel, Kamis (21/11).

1. Ada atlet Palembang yang didiskualifikasi dari cabor sepak takraw

Kontingen Muba Masih Kokoh Pimpin Porprov XII PrabumulihIlustrasi kontingen Palembang di porprov Prabumulih (IDN Times/Feny Maulia Agutin)

Hingga hari ini, ungkap Suparman, Kontingen Palembang baru mengumpulkan 56 medali dengan rincian 17 emas, 18 perak, 21 perunggu. Sementara, Muba sudah mengemas 77 medali yakni 35 emas, 19 perak dan 16 perunggu.

Sempat memasang target mengumpulkan 127 medali, performa Palembang mengalami penurunan dan sulit untuk menembus target tersebut. Dihadapkan pada kondisi itu, Suparman berkilah, para atlet mengalami beberapa pengaruh faktor internal dan eksternal.

"Salah satunya ada faktor non teknis menyangkut beberapa cabor yang mengalami di Diskualifikasi saat pertandingan. Seperti cabor sepak takraw yang terpaksa dihentikan karena di diskualifikasi, ada juga cabor wushu yang harus kecolongan karena dari prediksi perolehan medali turun," ungkapnya.

2. KONI Palembang bantah persiapan atlet Palembang kurang maksimal

Kontingen Muba Masih Kokoh Pimpin Porprov XII PrabumulihIlustrasi kontingen Palembang di porprov Prabumulih (IDN Times/Istimewa)

Menurunnya prestasi Palembang pada Porprov kali ini, cukup menimbulkan tanda tanya bagi publik Palembang. Banyak yang menilai, persiapan atlet Palembang masih kurang maksimal. 

"Enggak lah, persiapan sudah lama dari Januari kemarin. Kalau dibilang kurang persiapan relatif, itu karena banyak faktor. Tetapi kita tidak bisa menyalahkan kondisi itu, artinya kita tetap meyakini secara realitas, ternyata dari daerah daerah lain mengacu pada prestasi dengan adanya kekuatan-kekuatan baru," jelas Suparman.

3. KONI Palembang motivasi para atlet dengan mengupayakan melalui pemberian reward

Kontingen Muba Masih Kokoh Pimpin Porprov XII PrabumulihSituasi rapat porprov XII di Kantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Istimewa)

Suparman melanjutkan, selama bergulirnya pesta olahraga di Provinsi Sumsel ini, Palembang selalu menjadi langganan juara umum. "Kita sudah 11 kali ikut Porprov, dengan hasil 10 kali juara umum dan 1 kali kita lepas dari juara umum. Tahun ini target kita rebut lagi, ini belum selesai," ujar dia.

Atas dasar itu, KONI Palembang terus memotivasi para atlet dengan mengupayakan memberikan dukungan dan inisiatif untuk berbagai hadiah untuk pemain yang bertanding.

"Sebaiknya ada pendamping yang terus merampat dan monitor atlet di lapangan. Itu menjadi satu cara biar bisa memberi motivasi dan reward. Ini inisiatif dari KONI, belum lagi dari manajer, semacam bentuk pendekatan hati bukan ukuran material," ujar dia.

Baca Juga: Muba Masih Menjadi Momok Kontingen Palembang pada Porprov Sumsel 2019

4. Bupati Muba beri pesan atlet untuk tetap jaga kesehatan

Kontingen Muba Masih Kokoh Pimpin Porprov XII PrabumulihBupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Melihat prestasi para atlet Bumi Serasan Sekate yang berhasil mengungguli Palembang, Bupati Muba Dodi Reza menuturkan, agar semua atlet tetap memiliki badan yang fit agar terus bisa bertanding dengan lebih baik lagi.

"Saya berharap atlet-atlet Muba menjaga kesehatan dan selalu berkoordinasi dengan tim di lapangan, yang paling penting kesehatan harus terus fit dan terjaga," tutur dia.

Dodi mengapresiasi, terhadap seluruh atlet yang sudah berhasil menyelesaikan pertandingan dan menyumbang medali untuk Muba di Porprov Prabumulih.

"Ini luar biasa, semoga cabor-cabor lainnya juga dapat maksimal dan mendongkrak perolehan medali. Masih ada beberapa cabor andalan lagi untuk mendongkrak medali emas, yakni cabor Pencak Silat, Panahan, Catur, Renang, Karate, Panjat Tebing," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya