Tol Palindra Dikepung Karhutla, Kabut Asap Ganggu Pengendara

Pengguna jalan Tol Palindra diminta berhati-hati saat lewat

Ogan Ilir, IDN Times - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Ilir kian meluas. Karhutla kali ini terjadi di Kecamatan Indralaya dan Pemulutan, tak jauh dari lokasi jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra)

Sejak Kamis (17/8/2023) malam, api sudah berada di dekat jalan Tol Palindra baik di sisi kanan maupun sisi kiri jalan. Kepulan asap tebal mengitari jalan tol tersebut dan mengganggu perjalanan pengguna tol.

Sejumlah petugas tampak bersiaga di badan jalan tol Palindra. Beberapa jam sebelumnya, Tol Palindra dilanda kabut asap dari karhutla yang terjadi di wilayah Pemulutan. Sejumlah petugas Hutama Karya bersiaga di tol untuk mengingatkan pengendara agar berhati-hati.

Baca Juga: Masuk Puncak Kemarau, 5 Daerah di Sumsel Waspada Potensi Karhutla

1. Titik kebakaran dan jalan tol berjarak beberapa ratus meter

Tol Palindra Dikepung Karhutla, Kabut Asap Ganggu PengendaraPetugas Hutama Karya siaga ingatkan pengendara berhati-hati

Kaur Pemadaman Manggala Agni Daops Sumatera XIV/Banyuasin, Haniman mengatakan, lokasi karhutla dengan jalan tol hanya berjarak beberapa ratus meter.

"Tim kita yang terdiri dari Manggala Agni, BPBD, dan PBK Kabupaten Ogan Ilir, sedang berupaya menyekat api agar tidak meluas ke jalan tol yang menimbulkan kabut asap pekat," ujarnya.

Baca Juga: Sumsel Masuki Hari Tanpa Hujan, Modifikasi Cuaca Mulai Terkendala

2. Petugas kesulitan saat terjadi karhutla malam hari

Tol Palindra Dikepung Karhutla, Kabut Asap Ganggu Pengendara(Petugas gabungan saat berupa memadamkan api di area tol Palindra) IDN Times/istimewa

Pada proses pemadaman ini, Tim Satgas Karhutla memiliki dua kendala utama. Yakni sumber air dan medan yang cukup berat. Jika karhutla terjadi malam hari, pihaknya sangat kesulitan memadamkan karena ancaman hewan liar.

"Takutnya kalau ada ular dan hewan menyengat lainnya. Memang sulit kalau malam hari, water boombing juga tidak ada di malam hari," terangnya.

3. Bupati dan Kapolres tinjau langsung lokasi kebakaran

Tol Palindra Dikepung Karhutla, Kabut Asap Ganggu Pengendara(Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar saat meninjau karhutla) IDN Times/istimewa

Bupati Ogan Ilir (OI), Panca Wijaya Akbar yang mendapat informasi, langsung mendatangi lokasi karhutla bersama Kapolres AKBP Andi Baso Rahman. Panca mengecek lokasi karhutla dari atas jalan tol, sembari memberi arahan kepada petugas pemadam.

"Mengingat kita sudah masuk kemarau yang diperkirakan sampai Oktober 2023 nanti, saya mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga titik rawan yang ada di daerah masing-masing," ujarnya.

Baca Juga: 6 Hari Lahan Gambut di OKI Terbakar Tak Kunjung Padam 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya