Terjebak Macet di Jalintim? Cari Jalur Alternatif dengan Barcode

Pemudik di Jalintim terbantu karena panduan jalur alternatif

Intinya Sih...

  • Satlantas Polres Banyuasin meluncurkan inovasi Barcode Jalan Alternatif (BAJA) untuk memudahkan pemudik di Jalintim Banyuasin.
  • Pemudik dapat memindai barcode yang akan menampilkan rute alternatif melalui Google Maps, membantu menghindari kemacetan di jalur tertentu.
  • BAJA dikhususkan untuk Jalintim Kecamatan Talang Kelapa, mulai dari KM 12 sampai dengan KM 20, serta sudah dipasang di beberapa lokasi strategis.

Banyuasin, IDN Times - Pemudik yang akan melintas di jalur Jalan Lintas Timur (Jalintim) kawasan Banyuasin tak perlu pusing jika terjebak kemacetan. Apalagi jika ada kendaraan mogok atau kecelakaan, kawasan padat kendaraan tersebut langsung macet total.

Satlantas Polres Banyuasin membuat inovasi baru untuk memudahkan pemudik di momen mudik lebaran Idul Fitri 1445 H, yakni melalui barcode yang diperuntukkan bagi pemudik menghindari kemacetan di penggalan jalan tertentu. Dengan memindai Barcode, pemudik akan diberikan penunjuk jalan alternatif untuk melanjutkan perjalanannya.

Baca Juga: Polda Sumsel Atensi Ruas Jalan Palembang-Jambi Selama Arus Mudik

1. Berikut runutan barcode jalan alternatif

Terjebak Macet di Jalintim? Cari Jalur Alternatif dengan Barcode(Kasat Lantas Polres Banyuasin saat sosialisasi BAJA ke pengendara) IDN Times/istimewa

Kasat Lantas Polres Banyuasin, AKP Indrowono, menjelaskan mekanisme bagaimana barcode tersebut dapat memandu dan membantu kemudahan perjalanan pemudik.

Scan barcode yang telah kami pasang di lokasi menggunakan aplikasi google lens. Kemudian akan muncul rute perjalanan alternatif melalui Google Maps, klik rute awal dan ganti dengan lokasi pemudik," ujarnya.

Setelah itu akan muncul rute perjalanan yang akan dilalui. Lalu pilih items paling bawah (kata selesai) sebagai lokasi akhir jalur alternatif atau jalan keluar.

"Selanjutnya klik mulai. Maka pemudik atau pengguna jalan akan dipandu melintasi jalur alternatif yang telah dibuat melalui Barcode Jalan Alternatif (BAJA)," terangnya.

Baca Juga: Tol Palembang-Betung Dibuka 5 April 2024 untuk Mudik Lebaran

2. Barcode dipasang mulai dari KM 12 sampai dengan KM 20

Terjebak Macet di Jalintim? Cari Jalur Alternatif dengan Barcode(Anggota Sat Lantas Polres Banyuasin saat sosialisasi BAJA ke pengendara) IDN Times/istimewa

AKP Indrowono menjelaskan, BAJA tersebut bisa digunakan untuk menghindari kemacetan dan mempermudah pemudik maupun masyarakat pengguna jalan yang melintas di wilayahnya, khususnya jalintim di Palembang-Jambi.

“Seringkali terjadi kepadatan arus lalu lintas di Jalintim akibat sempitnya badan jalan, minim bahu jalan, serta volume kendaraan yang meningkat pada jam dan waktu tertentu," ungkapnya.

Barcode Jalan Alternatif tersebut dikhususkan pada Jalintim di Kecamatan Talang Kelapa, mulai dari KM 12 sampai dengan KM 20. Terdapat beberapa titik rawan macet karena padatnya pemukiman penduduk serta lebar jalan nasional hanya 6,8 meter, sedangkan banyak kendaraan besar melintas.

3. BAJA berguna untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas

Terjebak Macet di Jalintim? Cari Jalur Alternatif dengan Barcode(Anggota Sat Lantas Polres Banyuasin saat sosialisasi BAJA ke pengendara) IDN Times/istimewa

Scan barcode bisa dilihat di baliho-baliho yang terpasang mulai dari Simpang Y KM 14, SPBU Sukajadi KM 15, Pasir Putih Bawah KM 16, Pasir Putih Atas KM 16, Simpang Semuntul KM 17, Simpang Alfaone KM 18, dan Simpang Sungai Rengit KM 20.

Kepadatan arus lalu lintas dapati dialihkan melalui jalur alternatif agar tidak terjadi penumpukan. Indrowono mengaku, hal tersebut merupakan inovasi dan terobosan baru dari Satlantas Polres Banyuasin yang dipimpinnya.

“Baru pada 2024 ini kami lakukan sosialisasi kepada masyarakat secara masif, melalui media sosial serta pemasangan baliho, banner, pembagian brosur, serta upaya Dikmas Lantas dari petugas. Semoga ini bisa membantu keselamatan dan kenyamanan para pemudik atau pengguna jalan,” ungkapnya.

Baca Juga: Bandara SMB II Palembang Prediksi Penumpang Lebaran Naik 3 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya