Sumur Minyak Ilegal Kembali Meluik, Semburan Cemari Sungai Dawas

Warga berbondong-bondong memeras minyak tumpahan ke jerigen

Intinya Sih...

  • Minyak tumpahan mencemari Sungai Dawas di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin.
  • Video merekam semburan minyak setinggi 3 meter dari tanah dekat jembatan Parung.
  • Pihak berwenang turun ke lapangan untuk memastikan lokasi dan dampak pencemaran serta mengimbau warga untuk tidak memeras minyak ilegal.

Musi Banyuasin, IDN Times - Peristiwa minyak menyembur keluar dari tanah atau meluik terjadi di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sabtu (22/6/2024).

Sebagian Sungai Dawas yang membelah wilayah Sungai Lilin dan Keluang, telah tercemar oleh minyak mentah berwarna gelap dari aktivitas pengeboran minyak ilegal.  

Kejadian tersebut terekam dalam video yang beredar dengan durasi 1.43 detik. Salah satu area sungai yang paling nampak tercemar minyak mentah tepat berada di dekat jembatan Parung. 

Sementara dari video yang berbeda dengan durasi 44 detik memperlihatkan semburan minyak mentah setinggi kurang lebih 3 meter dari tanah. Sumur minyak ilegal tersebut berada tepat di pinggir sungai.

"Ini Sungai Parung kami, isinya tidak lagi air. Minyak semua, full minyak semua, sudah sampai jembatan Parung," ujar perekam video.

Baca Juga: Pemprov Sumsel Kembali Dorong Regulasi Sumur Tambang Tua di Muba

1. Camat sudah turunkan tim ke lapangan

Sumur Minyak Ilegal Kembali Meluik, Semburan Cemari Sungai Dawas(Sumur Minyak Kembali Meluing, Semburan Minyak Cemari Sungai Dawas) IDN Times/istimewa

Terkait video tersebut, Camat Sungai Lilin, Tatang Jaswadi, membenarkan bahwa saat ini Sungai Dawas tercemar oleh minyak mentah akibat aktivitas illegal drilling. Namun pihaknya belum bisa memastikan dari mana lokasi pencemaran tersebut berasal. 

"Kalau dari laporan sementara dari wilayah Desa Srigunung, tim saat ini masih kroscek ke lapangan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kondisi yang terjadi," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (23/6/2024).

Baca Juga: Pemeras Minyak Tambang Ilegal di Muba Tewas Hirup Gas Beracun

2. Warga mencoba memeras minyak yang meluber ke sungai

Sumur Minyak Ilegal Kembali Meluik, Semburan Cemari Sungai Dawas(Sumur Minyak Kembali Meluing, Semburan Minyak Cemari Sungai Dawas) IDN Times/istimewa

Terkait sejauh mana minyak mentah tersebut mencemari sungai, Tatang belum bisa memastikan. Ia hanya menyebut dampaknya yang cukup luas.

"Belum tahu, kita masih menunggu laporan dari tim. Kita juga telah mengimbau kepada warga agar tidak memeras minyak yang tumpah di sungai. Kita juga telah berkoordinasi dengan DLH serta pihak kepolisian," ungkapnya.

Akibat tumpahnya minyak tersebut, warga setempat memanfaatkan situasi dengan cara memeras minyak yang tumpah. Tampak warga berada di pinggir sungai dengan alat seadanya, berhsaha memeras minyak dan memindahkan ke jerigen.

3. Polres Muba langsung cek lokasi pencemaran minyak

Kasat Reskrim Polres Muba, AKP Bondan Try Hoetomi, membenarkan terkait adanya tumpahan minyak yang mengaliri sungai di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Muba.

"Memang benar, saat ini kita lagi ke lapangan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut," tutupnya. 

Baca Juga: Kapolda Sumsel Sebut Tambang Minyak Ilegal Masih Jadi PR di Muba

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya