Pendakian Puncak Gunung Api Dempo Dibatasi di Malam Pergantian Tahun

Gunung Dempo dibatasi hanya 1.000 pendaki mulai 29 Desember

Pagar Alam, IDN Times - Sama seperti tahun-tahun sebelumnya ketika memasuki puncak pergantian tahun, Kota Pagar Alam diperkirakan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar Sumsel.

Wisata yang dipastikan ramai yakni pendakian ke puncak Gunung Dempo. Diperkirakan untuk tahun ini, pendakian akan membludak karena banyak yang ingin melewatkan momen pergantian tahun di puncak.

Baca Juga: Warga Pagar Alam Butuh Butuh Mitigasi Bencana dari Gunung Dempo

1. Pembatasan pendaki untuk menjaga jalur dari kerusakan

Pendakian Puncak Gunung Api Dempo Dibatasi di Malam Pergantian Tahuninstagram.com/doel_cingkuang

Mengantisipasi kepadatan atau membludaknya pendakian ke Gunung Dempo, pihak Balai Registrasi Gunung Api Dempo (BRIGADE) membatasi jumlah pendaki pada 29-31 Desember 2022.

Seorang pengurus BRIGADE, Ganjar mengatakan, pembatasan tersebut bertujuan agar tidak ada penumpukan pendaki di puncak maupun jalur pendakian. 

"Hal ini juga untuk menjaga jalur pendakian dari kerusakan, dan meminimalisir kecelakaan terhadap para pendaki yang naik maupun turun," ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: 11 ABG Kena Sanksi Dilarang Mendaki Gunung Dempo Selama 2 Tahun

2. Terapkan sistem antrean di jalur pendakian

Pendakian Puncak Gunung Api Dempo Dibatasi di Malam Pergantian TahunGunung Dempo (instagram.com/bunga_anggraini04)

Selain pembatasan pendakian, pihak BRIGADE juga melakukan sistem antrean. Hal ini bertujuan agar tidak ada penumpukan pendaki terutama di jalur pendakian.

"Untuk target awal batas pendakian saat jelang malam pergantian tahun yaitu 800 sampai 1.000 pendaki. Namun hal ini masih dapat menyesuaikan sesuai dengan kondisi di lapangan," jelasnya.

3. Polres Pagar Alam dukung penuh upaya pengamanan

Pendakian Puncak Gunung Api Dempo Dibatasi di Malam Pergantian Tahunhttps://wikimedia.org/

Babinkamtibmas Gunung Dempo Polres Pagar Alam, Bripka Jon Riko mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah BRIGADE yang membatasi pendaki di malam pergantian tahun tersebut. 

"Hal ini karena untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di malam tahun baru, khususnya di objek wisata Gunung Dempo," ungkapnya.

Baca Juga: Gunung Dempo Pagar Alam Semburkan Abu Vulkanis Selama 4 Menit 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya