Motor Korsleting Usai Isi BBM Membakar SPBU di Musi Rawas

Petugas SPBU tak paham cara menggunakan APAR

Musi Rawas, IDN Times - Sebuah SPBU Pertamina di Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, terbakar pada Minggu (17/9/2023). Kebakaran tidak bisa diatasi dengan cepat karena pekerja kesulitan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Kejadian bermula saat petugas (operator) SPBU bernama Rena selesai mengisi BBM jenis Pertalite ke sepeda motor Suzuki Thunder tanpa nomor polisi yang dikendarai Tri Yuni. Tak lama, muncul percikan api dari motor tersebut.

Baca Juga: Gudang Penimbunan Minyak Jelantah Terbakar di Gandus Palembang  

1. Sepeda motor terguling dan picu BBM berceceran

Motor Korsleting Usai Isi BBM Membakar SPBU di Musi Rawasilustrasi api (unsplash.com/Guido Jansen)

Setelah mengisi BBM, Tri Yuni langsung menyalakan sepeda motornya. Namun bagian bawah sepeda motor terlihat ada percikan api.

Tri Yuni lantas melepaskan sepeda motornya sehingga terguling dan membuat Pertalite dari tangki sepeda motornya tumpah. Api membesar dan menyambar ke Pompa 02 Pertalite.

Baca Juga: 2 Kapolsek Dicopot Kapolda Sumsel Buntut BBM Ilegal 

2. Petugas SPBU tak bisa gunakan APAR

Motor Korsleting Usai Isi BBM Membakar SPBU di Musi RawasIlustrasi Alat Pemadam Api Ringan (Apar). (ANTARA/Risky Andrianto)

Kapolsek Jayaloka, Iptu Purnama Mentary Sampe mengatakan, petugas SPBU tidak bisa menggunakan APAR saat hendak memadamkan api.

"Ada petugas SPBU menghubungi anggota Pos Pol Sukakarya dan meminta bantuan petugas Damkar Sukakarya untuk memadamkan api," ujarnya, Senin (18/9/2023)

3. Polisi imbau petugas SPBU dibekali pelatihan

Motor Korsleting Usai Isi BBM Membakar SPBU di Musi RawasIlustrasi Alat Pemadam Api Ringan (Apar). (dok. ANTARANews)

Petugas pemadam kebakaran dan anggota Pos Pol datang memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar 5 menit setelahnya.

"Kita menghimbau kepada pemilik SPBU agar memberi pelatihan cara menggunakan APAR kepada pegawai SPBU pengisian BBM. Jika terjadi kejadian serupa, mereka bisa sigap diatasi langsung," imbaunya.

Baca Juga: Rumah Dansat Brimob Polda Sumsel Ludes Dilalap Si Jago Merah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya