Mobil Pengusaha Rumah Makan di Muba Dibakar Orang Tak Dikenal

Kendaraan diduga sengaja dibakar karena persaingan bisnis

Musi Banyuasin, IDN Times - Satu unit mobil merk Avanza milik M Fauzi, warga Desa Beruge, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), tiba-tiba saja terbakar saat terparkir di depan rumahnya, Kamis (24/3/2022) sekitar pukul 00.45 WIB.

Minibus putih dengan plat nomor BG 1852 tersebut diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal (OTD). Hal tersebut berdasarkan dari sejumlah barang bukti berupa ceceran bensin dan jeriken kosong yang ditemukan di sekitar lokasi mobil terbakar.

1. Dikira maling namun ternyata mobil terbakar

Mobil Pengusaha Rumah Makan di Muba Dibakar Orang Tak Dikenal(Mobil milik M Fauzi yang terbakar di depan rumahnya pada Kamis dinihari) IDN Times/Istimewa

Fauzi mengaku dirinya mengetahui kendaraan miliknya terbakar sesaat ketika hendak beristirahat. 

"Saya baru saja berbaring, belum sepenuhnya tidur saat mengetahui kejadian tersebut ketika melihat jam saat itu pukul 00.45 WIB," ujarnya.

Awalnya Fauzi menduga ada maling yang tengah mengincar rumahnya karena mendengar suara langkah berjalan di sekitar. Perlahan dia bangun keluar kamar dan mencoba mengintip melalui gorden jendela. 

Namun alangkah kaget dirinya ketika melihat kobaran api sedang melalap bagian belakang kendaraan. Dia pun langsung keluar rumah dan berteriak meminta pertolongan warga untuk memadamkan api.

"Saya berterima kasih berkat pertolongan warga tetangga sekitar rumah, maka api berhasil dipadamkan setelah disiram air bercampur bubuk detergen. Selain itu ada juga tetangga yang datang membawa racun api sehingga tidak meluas dan merambat membakar bangunan rumah," jelasnya.

Baca Juga: Dosen Cabul Unsri Dituntut 6 Tahun, Pengacara Malah Salahkan Korban

2. Curiga karena motif persaingan bisnis

Mobil Pengusaha Rumah Makan di Muba Dibakar Orang Tak Dikenal(Mobil milik M Fauzi yang terbakar di depan rumahnya pada Kamis dinihari) IDN Times/Istimewa

Faudi menduga, motif pelaku pembakaran mobilnya adalah persaingan bisnis. Karena selama ini Fauzi merupakan pemilik rumah makan Pulau Pindang Beska yang terletak di samping rumahnya.

"Kemungkinan besar persaingan bisnis, karena usaha rumah makan juga menimbulkan rasa suka dan tidak suka," ungkapnya.

Baca Juga: Janjikan Urus Izin Pelabuhan TAA, Seorang Warga Tangerang Ditangkap

3. Polisi kumpulkan sejumlah barang bukti

Mobil Pengusaha Rumah Makan di Muba Dibakar Orang Tak Dikenal(Mobil milik M Fauzi yang terbakar di depan rumahnya pada Kamis dinihari) IDN Times/Istimewa

Anggota kepolisian Polsek Babat Toman mendatangi TKP yang diawali Aiptu Herman, Kapospol Pinago bersama anggotanya, disusul Iptu Lekat Hariyanto dan personel Reskrim Polsek Babat Toman.

"Anggota kepolisian langsung menyisir TKP dan mengamankan sejumlah barang bukti. Dan siang ini rencananya akan melanjutkan penyelidikan dengan mencari bukti lain melalui pantauan beberapa cctv warga sekitar lokasi kejadian," ungkapnya.

Kapolsek Babat Toman, AKP Ady Akyat melalui Kanit Reskrim Polsek Babat Toman, Iptu Lekat Hariyanto, mengatakan pihaknya sedang membuat laporan M Fauzi sang pemilik. Dia mengaku belum bisa memberikan keterangan terperinci terkait hasil olah TKP, karena berhubungan dengan penyelidikan yang dilakukan pihaknya.

"Sesaat menerima laporan, kami langsung ke TKP dan mengamankan sejumlah alat bukti. Kami di TKP hingga pukul jam 04.00 WIB menjelang subuh. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Unit Pidum Reskrim Polres Muba untuk mengungkap pelaku pembakaran mobil ini," ujar Iptu Lekat.

Baca Juga: Pendanaan Masjid Raya Sriwijaya Tak Lazim dan Menabrak Aturan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya