Korban Tewas Dililit Ular di Muba Diduga Kehabisan Nafas

Ular sanca kembang melilit kaki hingga dada korban

Musi Banyuasin, IDN Times - Korban tewas akibat dililit ular jenis sanca kembang bernama Sangadah (50), warga RT 01 dusun 01 Simpang Kurdi Desa Sukajaya Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel kini telah dikebumikan.

Korban tewas, Jumat (7/4/2023) pagi usai kehabisan nafas setelah ular piton melilit korban dari kaki hingga ke dada.

1. Korban selama ini sering ke kebun sendirian

Korban Tewas Dililit Ular di Muba Diduga Kehabisan Nafas(Warga dan pihak kepolisian saat mengamankan bangkai ular yang memangsa warga Bayung Lencir kabupaten Musi Banyuasin) IDN Times/Istimewa

Ma'ruf Tamami anak menantu korban mengatakan, sang ibu pergi ke kebun sekitar pukul 06.00 WIB. Menurutnya, selama ini ibunya telah terbiasa berangkat pagi menyadap karet sendirian.

"Dari keterangan saksi, ular itu pertama kali membelit pada kakinya dan ibu sudah berteriak. Karena takut warga yang melihat langsung memanggil yang lainnya untuk membunuhnya," kata Ma'ruf.

2. Ular langsung dibunuh karena takut kembali menyerang warga

Korban Tewas Dililit Ular di Muba Diduga Kehabisan Nafas(Petugas kepolisian saat mengamankan TKP manusia tewas dililit ular jenis sanca kembang di kabupaten Musi Banyuasin) IDN Times/Istimewa

Lanjutnya, usai sampai ke lokasi bersama warga, dirinya langsung memukul menggunakan kayu dan parang sehingga ular baru melepas lilitannya.

"Sebelum ibu meninggal, ular sudah membelit sampai ke dada kemungkinan kehabisan nafas," ungkapnya.

Kades Sukajaya Sunarto mengatakan usai berhasil dilepaskan oleh warga ular tersebut langsung di bunuh oleh warga karena takut kembali menyerang.

"Ular langsung di kubur oleh warga dan tidak dimanfaatkan daging maupun kulitnya," terangnya.

3. Selama ini warga sering jumpai ular sanca kembang

Korban Tewas Dililit Ular di Muba Diduga Kehabisan Nafas(Ular Sanca kembang yang menewaskan warga Bayung Lencir, kabupaten Musi Banyuasin) IDN Times/Istimewa

Terkait kemunculan ular sanca atau ular sawo menewaskan korban, menurut warga setempat memang mereka sudah sering bertemu dengan ular jenis sanca tersebut. Beberapa warga juga mengaku kerap bertemu dengan ular jenis sanca kembang tersebut.

"Masyarakat sering lihat ular, tak sekali dua mereka menjumpai ular. Tapi ketika ular tersebut berjumpa manusia ia malah kabur," kata Kades.

Lanjutnya, bahkan pernah beberapa waktu masyatakat melihat ular yang cukup besar dan mencoba menangkapnya akan tetapi lepas.

"Kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali, selain itu imbauan dari Camat Bayung Lencir untuk tidak sendirian ke kebun untuk meminimalisi bahaya," jelasnya.

Baca Juga: Prank Ditembak OTD, Warga Musi Rawas Minta Maaf ke Polisi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya