KAI Palembang Tambah Rangkaian Kereta Antisipasi Lonjakan Penumpang

KAI Palembang siapkan 53.268 tiket selama mudik lebaran 2023

Palembang, IDN Times - PT KAI Divre III Palembang menambah rangkaian kereta untuk KA Sindang Marga pada keberangkatan 17-24 April 2023. Penambahan gerbong itu sebagai antisipasi lonjakan arus mudik sejak H-8 atau 14 April 2023 lalu.

Rangkaian yang ditambahkan yakni 1 kereta K1 (Eksekutif) dan 1 kereta K2 (Bisnis) dengan pengaturan untuk tanggal ganjil, KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuk Linggau ditambah 1 rangkaian K1 di tanggal genap ditambah 1 K2.

Baca Juga: Angkutan Barang Dilarang Lewat Jalur Lintas Timur Palembang-Jambi

1. Tersedia 53.268 tiket selama masa angkutan lebaran

KAI Palembang Tambah Rangkaian Kereta Antisipasi Lonjakan PenumpangIlustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, rangkaian kereta juga ditambahkan untuk KA Sindang Marga relasi Lubuk Linggau-Kertapati untuk tanggal ganjil dengan 1 gerbong K2 dan tanggal genap 1 gerbong K1.

"Sehingga dengan penambahan ini jumlah ketersediaan tiket selama masa angkutan lebaran menjadi 53.268 kursi," ujar Aida.

Baca Juga: Jalan Nasional di Sumsel Belum Sepenuhnya Ideal Dilalui Pemudik

2. Masyarakat harus cepat pesan tiket sebelum kehabisan

KAI Palembang Tambah Rangkaian Kereta Antisipasi Lonjakan PenumpangIlustrasi seorang calon penumpang mencetak tiket kereta api. (ANTARA FOTO/Prabanndaru Wahyuaji)

Tiket kereta api di Divre III Palembang pada 17 April 2023 sudah terjual 48.479 kursi, atau 91 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

"Lonjakan penumpang terjadi di arus mudik lebaran. Kami mengimba masyarakat segera merencanakan perjalanannya, menyesuaikan tanggal keberangkatan yang masih tersedia atau mencari alternatif transportasi lain," ujarnya.

Untuk KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dan KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP), lanjut Aida, masih menjadi pilihan masyarakat yang akan mudik tahun ini.

Bahkan tiket mudik lebaran hingga 2 Mei 2023 sudah terjual 100 persen. Okupansi KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau sampai 21 April juga sudah terjual 100 persen.

3. Penumpang diminta tidak membawa barang berlebihan

KAI Palembang Tambah Rangkaian Kereta Antisipasi Lonjakan Penumpangilustrasi kereta api (IDN Times/Galih Persiana)

Aida juga mengingatkan kepada calon penumpang agar tidak membawa barang yang berlebihan, serta menjaga barang bawaan agar jangan sampai tertinggal di ruang tunggu stasiun maupun di dalam kereta.

Selain itu, penumpang diminta tetap melaksanakan protokol kesehatan serta memperhatikan syarat-syarat perjalanan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami berharap agar seluruh masyarakat yang menggunakan moda kereta api agar mematuhi syarat-syarat perjalanan yang telah ditetapkan, agar mudik ini menjadi aman dan berkesan," tutupnya.

Baca Juga: Tiket Mudik Kereta Api Palembang-Lampung-Lubuk Linggau Habis Terjual 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya