Gudang BBM yang Terbakar di Muara Enim Laku 15 Ton Solar Sehari

Solar yang terbakar rencananya dijual mentah atau dicampur

Muara Enim, IDN Times - Satreskrim Polres Muara Enim bergerak cepat pasca terbakarnya gudang Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal di Dusun II, Desa Simpang Tanjung, Kecamatan Belimbing, Kamis (27/4/2023) sore. 

Pemilik gudang BBM yakni Wiwin Suryadi (42), langsung ditangkap saat berada di rumahnya di Dusun I, Desa Simpang Tanjung jelang dini hari, tepatnnya sekitar pukul 22.30 WIB di hari yang sama saat kejadian.

Baca Juga: Gudang Penimbunan BBM Ilegal di Muara Enim Kembali Terbakar

1. Solar berasal dari penambangan rakyat di Muba

Gudang BBM yang Terbakar di Muara Enim Laku 15 Ton Solar Sehari(Gudang BBM yang terbakar di Muara Enim) IDN Times/Istimewa

Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi mengatakan, minyak Solar didapat dari penambangan rakyat asal Sungai Angit, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

"Rencananya akan dijual mentah oleh pelaku, atau akan di-bleaching dengan BBM lain. Hal ini masih dalam pemeriksaan penyidik," ujarnya saat press release dengan menghadirkan pelaku di Mapolres Muara Enim, Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga: Cuaca Panas Picu Sumur Minyak Ilegal di Muba Terbakar

2. Pelaku sewa gudang seharga Rp15 juta per bulan

Gudang BBM yang Terbakar di Muara Enim Laku 15 Ton Solar Sehari(Sebuah gudang penimbunan BBM di Muara Enim yang habis terbakar) IDN Times/Istimewa

Solar tersebut dijual 10-15 ton dalam sehari. Sedangkan untuk lahan gudang penampungan atau penimbunan BBM ilegal itu, pelaku menyewa Rp15 juta per bulan dari pemilik lahan. 

“Pelaku Wiwin Suryadi sebelumnya sudah pernah dihukum kasus perusakan mobil pada 22 Oktober 2016 silam. Saat ini masih dalam pengembangan mengenai potensi pelaku lainnya,” ungkap Andi.

3. Tim Labfor Polda Sumsel lakukan olah TKP

Gudang BBM yang Terbakar di Muara Enim Laku 15 Ton Solar Sehari(Kapolres Muara Enim saat meninjau lokasi gudang BBM yang terbakar) IDN Times/Istimewa

Tim Labfor penyidik Ditreskrimsus Polda Sumsel dan Satreskrim Polres Muara Enim melakukan olah TKP di gudang BBM terbakar pada Jumat (28/4/2023). Polda Sumsel menggandeng Polisi Militer (POM) di lokasi kejadian. Dalam gudang BBM yang dikelilingi pagar seng itu, terdapat puluhan tandon dan drum yang sudah hangus terbakar.

“Ada 80 buah drum besi dan 40 tandon kotak plastik yang sudah terbakar. Serta satu tangki dan dua tangki modifikasi,” tutup Kapolres.

Baca Juga: Sopir Perusahaan BUMN Ditangkap Usai Jual Solar Sisa Puluhan Liter

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya