Gempa Magnito 3,9 Guncang Pagar Alam, Gunung Api Dempo Masih Aman

Warga berhamburan keluar rumah diguncang 2 kali gempa

Pagar Alam, IDN Times - Gempa kekuatan magnitudo (M) 3,9 mengguncang kota Pagar Alam, Provinsi Sumatra Selatan, Kamis (23/3/2023) sekitar pukul 11.25 WIB

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berpusat di darat dengan kedalaman 3 kilometer. Tercatat gempa dirasakan Magnitudo 3.9, kedalaman 3 km dengan Koordinat 4.25 LS-103.20 BT. Pusat gempa berada di darat 23 km Barat Daya Pagar Alam.

1. Warga rasakan dua kali guncangan dengan jarak berdekatan

Gempa Magnito 3,9 Guncang Pagar Alam, Gunung Api Dempo Masih AmanIlustrasi gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Kendati gempa tersebut tidak begitu lama dirasakan guncangannya, namun sempat membuat warga panik dan yang sedang beraktivitas di dalam rumah berlarian keluar.

"Ada dua kali gempa dalam jarak berdekatan, kami semua kaget dan langsung keluar dari rumah khawatir ada gempa susulan," ujar Wahidin, warga Kota Pagar Alam.

2. Pusat gempa berjarak 28 Km dari Pagar Alam

Gempa Magnito 3,9 Guncang Pagar Alam, Gunung Api Dempo Masih AmanIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia dan warga lainnya cukup khawatir dengan gempa tersebut karena pusat gempa lokasinya tidak jauh dari Kota Pagar Alam yaitu hanya berjarak 28 Kilometer.

"Biasanya gempa dirasakan di Pagar Alam ini berpusat di Bengkulu Selatan dengan jarak ratusan kilometer dari Pagar Alam. Tapi kali ini berdasarkan data di BMKG lokasinya di Sumatera Selatan dan hanya berjarak 28 kilometer dari Pagar Alam," ungkapnya.

3. Gempa terekam alat siesmograf, namun GAD masih aman

Gempa Magnito 3,9 Guncang Pagar Alam, Gunung Api Dempo Masih AmanGunung Dempo di Pagaralam, Sumatera Selatan. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagar Alam, Wiwit saat dikonfirmasi membenarkan jika getaran Gempa Bumi dirasakan di Kota Pagar Alam. Hal ini tampak dari rekaman alat Siesmograf yang ada di kantor Pos Pemantau GAD.

"Memang gempa terekam alat siesmgrat dengan skala MMI II. Namun sampai saat ini gempa tersebut tidak berpengaruh dengan kondisi Gunung Api Dempo (GAD)," jelasnya.

Baca Juga: Pendakian Puncak Gunung Api Dempo Dibatasi di Malam Pergantian Tahun

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya