Gagal Bobol Rumah, Pencuri di Musi Rawas Tewas Diamuk Massa

Pelaku kepergok istri pemilik rumah dan langsung berteriak

Musi Rawas, IDN Times - Seorang pencuri tewas diamuk massa di Desa Q2 Tambah Asri Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatra Selatan (Sumsel), Selasa (4/4/2023) pukul 02.00 WIB. 

Sebelum tewas diamuk massa, pelaku sempat mencongkel dua rumah milik warga. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Q1 Tambah Asri, Kecamatan Tugumulyo, Suyono.

Baca Juga: Korban Pencabulan Ayah Kandung di Empat Lawang Mulai Sekolah

1. Pelaku mencoba mencongkel pintu rumah warga

Gagal Bobol Rumah, Pencuri di Musi Rawas Tewas Diamuk MassaFoto hanya ilustrasi. (safedepositfederation.com)

Sekdes menceritakan kronologis awal kejadian pada pukul 02.00 WIB. Pelaku berhasil mencokel pintu rumah belakangan milik warga di Dusun 7. 

"Pintu itu sudah terbuka, tapi kepergok oleh istri pemilik rumah. Kemudian pelaku ini lari ke arah selatan atau ke jalan keluar," ujar Suyono.

Setelah itu pada pukul 03.00 WIB, giliran rumah warga di Dusun 6 dengan modus yang sama yakni mencongkel pintu rumah. 

"Sama modusnya congkel pintu dan sudah terbuka. Tapi lagi-lagi ketahuan oleh istri pemilik rumah yang terbangun, dan pelaku pun lari ke arah selatan," ungkapnya.

Baca Juga: Gubernur Sumsel lzinkan ASN Bawa Mobil Dinas dan Terima Parsel 

2. Warga yang dengar teriakan langsung mengepung pelaku

Gagal Bobol Rumah, Pencuri di Musi Rawas Tewas Diamuk MassaIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Istri pemilik rumah pun teriak sehingga didengar oleh petugas ronda yang berjarak tak lebih dari 100 meter. Selanjutnya warga yang mendengar informasi itu terus mengepung pelaku, hingga akhirnya ia tertangkap di Dusun 5 di kebun jati. 

"Kemungkinan pelaku ini sendirian, tapi tidak tahu kalau ada kawannya," ucapnya.

Setelah pelaku ditangkap, dia melapor ke Polres dan Polsek. Tapi saat dia kembali, pelaku sudah tergelatak di jalan di depan Kantor Desa. 

"Jadi kami tidak tahu kapan pelaku diamuk massa. Kemudian jelang beberapa menit, ada anggota petugas Polres yang datang dan membawa pelaku ke rumah sakit," jelasnya.

3. Jenazah terduga pelaku langsung dibawa pulang keluarga

Gagal Bobol Rumah, Pencuri di Musi Rawas Tewas Diamuk MassaIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasat Reskrim Polres Musi Rawas, AKP Muhammad Indra Prameswara mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti kronologis kejadian. Sebab saat anggota tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) pukul 02.30 Wib, mereka sudah melihat terduga pelaku terkapar di jalan tidak sadarkan diri.

"Kemudian ketika pelaku dibawa ke Rumah Sakit Muara Beliti, dinyatakan oleh tenaga medis sudah dalam kondisi meninggal dunia," jelas Kasat.

Ketika disinggung mengenai identitas terduga pelaku, Kasat menyebut pelaku bernama Anton saat ini jenazah sudah dibawa pulang keluarga. 

"Namanya Anton, beberapa tahun lalu sempat tinggal di Desa Tambah Asri Kecamatan Tugumulyo, tepatnya di Dusun 1. Hanya saja untuk saat ini tidak diketahui pelaku tinggal di mana," ungkap Kasat.

Baca Juga: Mahasiswa Unand Tersangka Kejahatan Seksual Belum Ditahan karena Umroh

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya