Jabat Ketua DPRD Sumsel, Anita: Kami Siap Dukung dan Kritisi Pemprov

Alex Noerdin sudah tetapkan Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumsel

Palembang, IDN Times - Partai Golkar akhirnya menetapkan nama RA Anita Noeringhati, sebagai Ketua DPRD Sumsel periode 2019-2024. Munculnya nama tersebut setelah melalui proses seleksi dan evaluasi yang dilakukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

Pernyataan tersebut diutarakan Ketua DPD Golkar Sumsel, Alex Noerdin, bahwa sebelumnya Partai Golkar Sumsel sudah merekomendasikan delapan nama ke DPP Partai Golkar.

"Pertimbangan ditunjuknya Anita Noeringhati menjadi Ketua DPRD Sumsel, karena dinilai dari loyalitas kepada partai baik secara pribadi maupun organisasi," ungkap Alex Noerdin kepada wartawan, di Hotel Exelton, Senin (23/9).

1. Loyalitas Anita Noeringhati untuk Partai Golkar dinilai tak diragukan lagi

Jabat Ketua DPRD Sumsel, Anita: Kami Siap Dukung dan Kritisi PemprovIDN Times/ Sidratul Muntaha

Mantan Gubernur Sumsel dua periode itu menjelaskan, dalam tubuh Partai Golkar sendiri sudah ada mekanisme yang harus ditaati. Semua nama-nama yang berpotensi menjadi Ketua DPRD, sudah diusulkan dari Provinsi ke DPP.

"Untuk mencari orang yang memenuhi kriteria, diantaranya harus sedang duduk di pengurus harian Golkar Provinsi, sudah pernah jadi anggota DPRD Provinsi dan yang paling penting harus loyal kepada partai. Nah, Ibu Anita ini tidak diragukan lagi loyalitasnya, baik untuk organisasi maupun pribadi," tegas Alex Noerdin.

2. Ketua Fraksi Golkar di DPRD Sumsel dijabat Fatra Radezayansyah

Jabat Ketua DPRD Sumsel, Anita: Kami Siap Dukung dan Kritisi PemprovIDN Times/Sidratul Muntaha

Alex melanjutkan, setelah pelantikan Anggota DPRD Sumsel, pada  Selasa (24/9) nanti, akan ada pelantikan pengurus pimpinan DPRD Sumsel. Karena, pada Pileg 2019 ini Partai Golkar menjadi partai pemenang dengan mendapatkan kursi ketua DPRD Sumsel.

"Dari 17 kabupaten/kota, Golkar mendapat 6 kursi ketua DPRD, 9 kursi Wakil Ketua DPRD dan 1 kursi Ketua DPRD. Ini suatu prestasi yang sangat bisa dibanggakan," ujar dia.

Terhadap susunan Anggota Komisi di DPRD Sumsel, jelas Alex, semua itu akan dikoordinasikan kembali oleh Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati. Namun, DPD Golkar Sumsel sudah menentukan Ketua Fraksi Golkar di jabat Fatra Radezayansyah, Wakil merangkap Bendahara diisi oleh Nadia Basir, dan Sekretaris diisi oleh Hasbi Asadiki.

3. Anita siap kembalikan marwah DPRD Sumsel

Jabat Ketua DPRD Sumsel, Anita: Kami Siap Dukung dan Kritisi PemprovIDN Times/Sidratul Muntaha

Sementara, Ketua DPRD Sumsel terpilih periode 2019-2024, RA Anita Noeringhati menuturkan, pascapenetapan ini dirinya akan mengembalikan marwah DPRD Sumsel dengan menjalankan kembali program-program yang sempat diusulkan namun belum dijalankan.

"Karena penyelenggaraan pemerintahan bukan hanya dilakukan oleh Pemprov Sumsel, tapi juga ada andil dari DPRD. Jadi kami siap dukung dan kritisi Pemprov Sumsel. Apa pun program pemprov kita dukung, namun kami juga siap mengkritisi jika ada kebijakan yang tidak pro rakyat," tegasnya.

Baca Juga: Ini Jawaban Alex Noerdin, Terkait Mobil Dinas Milik Pemprov Sumsel

4. Golkar Sumsel dapat 7 kursi Ketua DPRD dan 9 kursi wakil ketua

Jabat Ketua DPRD Sumsel, Anita: Kami Siap Dukung dan Kritisi PemprovIDN Times/Sidratul Muntaha

Sementara, Sekretaris DPD Golkar Sumsel, Herpanto, juga menyampaikan nama-nama calon pimpinan DPRD Kabupaten dan Kota di Sumsel. Partai Golkar sendiri sukses meraih 6 kursi Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan 9 Kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten/kota.

"Untuk Ketua DPRD Muba dijabat oleh Sugondo, Banyuasin Irian Setiawan, Ogan Ilir Suharto, Prabumulih Sutarno, Lubuklinggau dijabat Rodi Wijaya, OKU Timur Beni Davidson," kata Herpanto.

Berikutnya, sembilan nama calon Wakil Ketua DPRD Kabupaten/kota yaitu, Wakil Ketua DPRD OKI dari partai Golkar dijabat Bakri Tarmusi, OKU Selatan Yohana, OKU Yoni Arianto, Muaraenim Hadiono, PALI Irwan ST, Pagaralam dijabat Efsi, Empat Lawang dijabat Windra Sapri, Musi Rawas dijabat Cik Ola, sementara Wakil Ketua DPRD Lahat DPD Golkar Sumsel belum menerima SK dari DPP.

"Nah khusus Wakil Ketua DPRD Lahat dari Golkar, kami belum menerima SK dari pusat dan mungkin masih diverifikasi," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya