Wisuda Unik Poltekpar Palembang, 250 Mahasiswa Diwisuda di Stadion GSJ

Poltekpar Palembang wujudkan kampus Sport Tourism

Palembang, IDN Times - Ada yang unik dari pelaksanaan wisuda di Palembang. Jika biasanya prosesi wisuda dilakukan di sebuah gedung, kali ini wisudanya dilakukan di sebuah stadion sepak bola. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) dipilih sebagai lokasi pelepasan 250 orang wisudawan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang.

"Sebuah inisiasi baru acara wisuda diselenggarakan di GSJ dalam rangka mendukung Centre of Excellent dan sebagai bukti dukungan Poltekpar Palembang kepada semangat Sumatra Selatan di bidang olahraga. Panitianya pun mengenakan jersey sepak bola," ungkap Direktur Poltekpar Palembang, Anwari Masatip, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Kampus Merakyat, Poltekpar Palembang Tak Pungut Uang Pangkal Mahasiswa

1. Poltekpar memunculkan ciri khas Sport Tourism

Wisuda Unik Poltekpar Palembang, 250 Mahasiswa Diwisuda di Stadion GSJWisuda Poltekpar Palembang di Stadion Jakabaring Palembang (Dok: Poltekpar Palembang)

Anwari menjelaskan, wisuda Poltekpar Palembang kali ini mengangkat tema "Pergerakan Insan pariwisata Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif melalui Gelanggang Semangat Pemenang Menuju Indonesia Emas". Tema itu untuk menegaskan bahwa Poltekpar Palembang ingin berfokus pada Sport Tourism.

Lulusan yang diwisuda berjumlah 250 orang. Terdiri dari 77 mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Kuliner, Divisi Kamar 76 orang, Tata Hidang 54 orang. Ketiga prodi itu dari program pendidikan Diploma  III. Sedangkan Program Diploma IV dari Prodi Pengelolaan Konvensi dan Acara meluluskan 42 orang.

"Setelah lulus mereka akan dibekali Sertifikat Profesi Kompetensi sesuai bidang keahliannya masing-masing. Diharapkan mereka dapat berkontribusi dalam memajukan kampus agar lebih dikenal dan diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional," jelas dia.

Baca Juga: Poltekpar Palembang Genjot Kemampuan Bahasa Inggris 290 Mahasiswa

2. Tingkatkan kompetensi dosen

Wisuda Unik Poltekpar Palembang, 250 Mahasiswa Diwisuda di Stadion GSJWisuda Poltekpar Palembang di Stadion Jakabaring Palembang (Dok: Poltekpar Palembang).

Anwari menyebut, Poltekpar Palembang telah berhasil mendapat Akreditasi Institusi dengan predikat Baik Sekali. Juga telah mendapatkan Sertifikat ISO 20001, APIEM, dan Sertifikat SPMI. Poltekpar Palembang juga katanya telah menerapkan kurikulum ASEAN MRA-TP.

"Poltekpar Palembang telah mengusahakan peningkatan kompetensi para pendidik. Sebanyak tujuh dosen sedang menempuh pendidikan S3, dan 31 tenaga pendidikan melanjutkan program pendidikan S2," ujar dia.

Ia menyebut, sesuai harapan Menparekraf Sandiaga Uno, Poltekpar Palembang telah mampu mencapai 30 persen lulusannya berwirausaha. Hal itu, lanjutnya, ikut membantu program pemerintah dalam membuka peluang kerja.

"Saya berharap lulusan Poltekpar Palembang tidak tergantung untuk mencari kerja di perusahaan, tapi bisa menciptakan peluang usaha," ujar dia.

3. Sandiaga Uno dorong Poltekpar ciptakan pengusaha baru

Wisuda Unik Poltekpar Palembang, 250 Mahasiswa Diwisuda di Stadion GSJWisuda Poltekpar Palembang di Stadion Jakabaring Palembang (Dok: Poltekpar Palembang)

Kepala Pusat Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Faisal mengatakan, kegiatan wisuda yang dilakukan Poltekpar Palembang dilakukan atas arahah Sandiaga Uno, yang meminta wisuda dilakukan di luar kebiasaan. Wisuda unik ini juga sempat dilakukan Poltekpar Lombok di Sirkuit Mandalika.

"Kita terus mendorong agar Poltekpar Palembang bisa memenuhi target 30 persen ekosistem kewirausahaan. Mas Menteri juga menyampaikan agar hal itu. Kita minta Poltekpar Palembang bisa menjadi role model untuk memghasilkan wirausaha muda dan mandiri," tutup dia.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Lagi, Pemkot Palembang Masih Pantau ISPU

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya