Warga Rambutan Digegerkan Buaya Muara Muncul di Jalan Desa

Warga minta BKSDA segera mengevakuasi buaya dari jalanan

Intinya Sih...

  • Warga di Banyuasin melihat buaya muara berukuran kecil di jalan Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Senin (10/6/2024) dini hari.
  • Buaya Muara sekitar 2,5 meter diduga naik dari sungai kecil, sudah muncul selama hampir 1 minggu dan dianggap mengganggu aktivitas masyarakat.
  • Sahril meminta BKSDA untuk mengevakuasi buaya tersebut karena dianggap mengganggu aktivitas warga. Petugas BKSDA akan mencari dan menangkap buaya tersebut.

Banyuasin, IDN Times - Sebuah foto dan video penampakan buaya muara tengah berdiam diri di jalan Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Banyuasin, menjadi kekhawatiran warga setempat. Buaya berukuran kecil tersebut ditemukan warga saat melintas saat pulang ke rumah, Senin (10/6/2024) dini hari.

"Benar mas, kami melihat semalam ada penampakan buaya muara di lokasi tersebut," ungkap saksi mata Sahril (35), Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Warga Lalan Heboh, Buaya Senyulong 4,5 Meter Masuk Areal Sawah

1. Buaya tersebut diperkirakan berukuran 2,5 meter

Warga Rambutan Digegerkan Buaya Muara Muncul di Jalan DesaFoto buaya (pexels.com/Pixabay)

Buaya Muara diketahui berukuran sekitar 2,5 meter yang diduga naik dari sungai kecil, tak jauh dari lokasi kemunculannya.

"Ini penampakan dan wujud sekitar panjang 2,5 meter, dan buaya muara itu sudah hampir 1 minggu menunjukkan wujudnya," ujar Sahril.

Baca Juga: Sering Mangsa Ternak, Warga OKI Tangkap Buaya Besar di Sungai

2. Minta buaya segera dievakuasi

Warga Rambutan Digegerkan Buaya Muara Muncul di Jalan DesaIkustrasi buaya (dok: Pixabay)

Sahril pun meminta petugas terkait untuk mengevakuasi buaya tersebut. Kemunculan buaya dianggap mengganggu aktivitas masyarakat.

"Saya minta ditangkap buaya muara ini, karena kami selaku warga sangat takut sekali ada penampakan itu," jelas dia.

3. BKSDA akan turun tangan

Warga Rambutan Digegerkan Buaya Muara Muncul di Jalan DesaBuaya morelet (commons.wikimedia.org/GautierPoupeau)

BKSDA Ogan Komering Ilir (OKI), Sukirno menambahkan, dirinya sudah mendapatkan informasi dari warga ada seekor buaya muara yang muncul.

"Jadi, kami selaku petugas BKSDA akan berupaya mencari keberadaan buaya dan menangkapnya. Selanjutnya buaya muara ini akan dibawa ke penangkaran," jelas Sukirno.

Baca Juga: Suami Diseret Buaya Saat Panen Udang, Istri Histeris Susul ke Sungai

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya