Warga Kampung Halaman Ketua KPK Firli Bahuri Gelar Doa Bersama 

Warga desa mengaku sedih putra daerahnya tersandung kasus

Ogan Komering Ulu, IDN Times - Penetapan status tersangka untuk Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, membawa duka bagi masyarakat Desa Lontar, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan.

Purnawirawan jenderal polisi tersebut dianggap sebagai putra daerah yang membawa nama baik kampung halaman.

"Warga Desa Lontar sedih mendengar berita, mau bagaimana pun kita tidak bisa menolong. Kita di sini cuma bisa berdoa saja," ungkap Kepala Desa (Kades) Lontar, Imran, kepada IDN Times, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga: KPK Soroti Jual Beli Izin Perusahaan Tambang dan Perkebunan di Sumsel

1. Warga lesu mendengar kabar penetapan tersangka

Warga Kampung Halaman Ketua KPK Firli Bahuri Gelar Doa Bersama Ketua KPK Firli Bahuri tengah menumpang helikopter. (Dokumentasi MAKI)

Imran menjelaskan, warga Desa Lontar melakukan doa bersama dengan mengadakan Yasinan di masjid kampung, Kamis (23/11/2023). Namun menurutnya, kegiatan itu sudah menjadi hal rutin warga kampung, dan momennya bertepatan saat Firli ditetapkan menjadi tersangka sehingga warga menggabungkannya atas dasar keprihatinan.

"Jelas sebagai warga Desa Lontar kami bangga dengan nama besar Firli Bahuri. Mendengar kabar ini, kami jadi lesu dan hanya bisa prihatin terlepas dia salah atau tidak," jelas dia.

Baca Juga: Firli Bahuri dan SYL Jumpa Beberapa Kali Demi Serah-Terima Uang

2. Firli di mata masyarakat kampung halaman

Warga Kampung Halaman Ketua KPK Firli Bahuri Gelar Doa Bersama Ketua KPK periode 2019-2023 Firli Bahuri (Dok. Biro Pers Istana)

Firli Bahuri di mata masyarakat setempat sebagai orang biasa yang baik. Meski di pundaknya bertabur bintang, Firli dinilai dapat berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Pak Firli dimata masyarakat katek (tidak ada) masalah. Orangya baik, saat pulang kampung suka ngumpul dengan warga dan ziarah. Orangnya memang baik dan suka ngobrol," jelas dia.

3. Firli dianggap sebagai orang yang profesional

Warga Kampung Halaman Ketua KPK Firli Bahuri Gelar Doa Bersama Ketua KPK terpilih 2019-2023, Firli Bahuri (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelum menjadi Ketua KPK, Firli Bahuri sempat menjadi Kapolda Sumsel. Meski punya jabatan mentereng menurut Imran, Firli tidak menggunakan jabatannya untuk hal-hal di luar bidangnya.

"Kalau untuk pembangunan dan lainnya tidak ada pakai uang dia. Karena mekanismenya jelas lewat usulan yang ada untuk pembangunan," ujar dia.

4. Firli ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya

Warga Kampung Halaman Ketua KPK Firli Bahuri Gelar Doa Bersama (Ketua KPK Firli Bahuri memamerkan nasi goreng buatannya) ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat

Diberitakan IDN Times sebelumnya, Polisi akhirnya menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Pada hari ini, pukul 19.00 WIB bertempat di tempat gelar perkara Ditreskrimsus dengan hasil ditemukannya bukti yang cukup untuk menetapkan FB selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Rabu (22/11/2023) malam.

Dalam kasus ini, penyidik gabungan dari Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri sudah memeriksa Firli Bahuri sebanyak dua kali.

Pemeriksaan pertama dilakukan di Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023). Pemeriksaan kedua juga digelar di Bareskrim Polri pada Kamis (16/11/2022) selama hampir empat jam dengan 15 pertanyaan.

Penyidik telah memeriksa 91 saksi dan tujuh ahli yang terdiri dari empat orang ahli hukum pidana, satu orang ahli hukum acara, satu orang ahli atau pakar mikroekspresi, dan satu orang ahli digital forensik.

Baca Juga: Firli Bahuri Dicekal Usai Jadi Tersangka Pemerasan SYL

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya