Viral, Oknum Petugas PPKM Pungli di Jalan Tol Palembang-Lampung

Pelaku dari Dishub, BPBD, Satpol PP, dan Damkar Ogan Ilir

Palembang, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatra Selatan (Ditreskrimsus Polda Sumsel) menangkap lima orang petugas Satgas COVID-19 dari berbagai instansi yang melakukan pungutan liar (pungli) kepada pengendara yang masuk ke Kota Palembang di pintu tol Keramasan, Palembang, Kamis (22/7/2021).

Kelima orang itu adalah BD (22) anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir, AR (27) dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), NP (19) dan HR (39) dari Dinas Perhubungan (Dishub), dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) berinisial NK (21).

"Kelimanya sudah diamankan, tidak ada keterlibatan pihak lain dalam pungli ini. Mereka hanya bermain berlima," ungkap Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Hisar Siallagan, Kamis (21/7/2021).

1. Polda upayakan pengawasan lebih lanjut

Viral, Oknum Petugas PPKM Pungli di Jalan Tol Palembang-LampungDirektur Ditreskrimum Polda Sumsel Kombes Pol Hisar Siallagan (IDN Times/istimewa)

Pengungkapan pungli ini berawal dari video seorang pengemudi truk yang merekam seorang pelaku meminta uang kepada pengendara di jalan tol Palembang-Lampung. Video berdurasi 29 detik itu memperlihatkan sang pengemudi dimintai uang oleh oknum petugas PPKM agar bisa melintas.

"Untuk mengantisipasi agar tidak terulang lagi, kita bakal meningkatkan pengawasan setiap pelaksanaan tugas. Ini adalah perbuatan yang sangat kita sayangkan, karena di masa pandemik yang begitu menghantam masyarakat, justru ada pihak-pihak yang melakukan perbuatan tersebut," jelas dia.

Baca Juga: Penganiaya Perawat RS Siloam Palembang Dituntut 2 Tahun Penjara

2. Kelima pelaku akan ditindak tegas

Viral, Oknum Petugas PPKM Pungli di Jalan Tol Palembang-Lampungdok.IDN Times

Hisar menjelaskan, pihaknya akan memeriksa kelima orang pelaku itu. Jika terbukti melakukan perbuatan pungli, maka kelimanya akan ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kita harapkan ini adalah kejadian yang terakhir. Apabila ada maka akan kita tindak tegas praktok seperti ini di tengah pandemik," jelas dia.

3. Pelaku akui pungut uang Rp290 ribu

Viral, Oknum Petugas PPKM Pungli di Jalan Tol Palembang-LampungPelaku BD diamankan di Polda Sumsel (IDN Times/istimewa)

Pelaku BD yang diamankan di Polda Sumsel mengakui perbuatannya itu, Ia mengaku sudah tiga kali melakukan pungli di jalan tol Palembang-Lampung dengan maksud mendapat uang.

"Berselang-selang saya minta duitnya. Saya melakukannya di tanggal 13, 16, dan tanggal 19," jelas dia.

Selama tiga hari, aksi bersama empat orang rekannya itu berhasil mengumpulkan Rp290.000. Pada 13 Juli lalu, dirinya sempat mendapat Rp30.000. Lalu tanggal 16 Juli dirinya mendapatkan Rp60.000, dan terakhir di tanggal 19 Juli dirinya mendapatkan Rp200.000.

"Pungli inisiatif saya sendiri, bukan karena gaji sebagai honorer kecil," jelas pegawai honorer BPBD selama tiga tahun tersebut.

4. Kepala BPBD OI akui ada anggotanya yang ditangkap

Viral, Oknum Petugas PPKM Pungli di Jalan Tol Palembang-LampungIlustrasi pungli. (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala BPBD Ogan Ilir (OI), Ardha Munir mengatakan, pihaknya menunggu pemeriksaan dari pihak Polda Sumsel. Mereka akan mendampingi sang oknum. Namun jika terbukti, BPBD OI akan mengambil tindakan tegas terhadap anggotanya.

"Saya tidak mau bermain-main dengan anggota yang melakukan pemerasan seperti itu," tutup dia.

Baca Juga: Tak Terima Dirundung, Remaja di OKU Timur Bacok Temannya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya