[UPDATE] Positif COVID-19 Sumsel Tambah 3 Kasus, Total Sudah 22 Orang

Semua pasien berasal dari Kota Palembang

Palembang, IDN Times - Jumlah pasien positif corona atau COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel), bertambah tiga orang usai diumumkan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Nasional, Achmad Yurianto, Rabu (15/4).

Peningkatan jumlah pasien positif hari ini dibenarkan oleh Jubir Gugus Tugas Sumsel, Yusri. Total pasien yang dinyatakan positif sudah mencapai 22 orang. 

"Penambahan tiga orang positif COVID-19. Semua pasien berasal dari Kota Palembang," ujar Yusri.

1. Baru katahuan satu transmisi lokal

[UPDATE] Positif COVID-19 Sumsel Tambah 3 Kasus, Total Sudah 22 OrangJubir Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. Dok. BNPB -

Yusri menjelaskan, dari ketiga pasien tersebut baru satu orang yang terdeteksi terpapar virus akibat transmisi lokal. Ia adalah pasien laki-laki nomor 20 berusia 68 tahun, domisili Palembang.

Sedangkan dua orang lainnya yakni pasien laki-laki nomor 21 berusia 57 tahun asal Palembang, dan pasien perempuan nomor 22 berusia 50 tahun yang masih dalam penyelidikan.

"Pasien 20 terpapar oleh keluarganya, yakni pasien positif asal OKU makanya kita sebut sebagai kasus transmisi lokal. Sedangkan pasien 21 dan 22 masih dalam pengembangan terkena di mana," ujar Yusri.

Baca Juga: Keluarga PDP Meninggal di Muratara Tolak Protokol Pemakaman COVID-19

2. Banyak pasien positif asal Palembang, Gugus Tugas belum sebut zona merah

[UPDATE] Positif COVID-19 Sumsel Tambah 3 Kasus, Total Sudah 22 OrangSituasi di kawasan Benteng Kuto Besak Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agusti)

Kasus transmisi lokal di Sumsel menurut Yusri, baru terpapar antar keluarga. Beberapa kasus langsung bisa ketahuan dan dilakukan karantina agar tidak tersebar lebih jauh. ia menilai pentingnya masyarakat untuk terbuka jika pernah melakukan insteraksi dengan pasien positif.

"Palembang belum zona merah karena masih dalam pendalaman. Beberapa sinyal memang ada catatan transmisi lokal. Kita meyakini, penyebaran masih sebatas keluarga dalam satu rumah," jelas dia.

3. Tiga pasien dirawat di rumah karena RSUP Mohammad Hoesain penuh

[UPDATE] Positif COVID-19 Sumsel Tambah 3 Kasus, Total Sudah 22 OrangRuang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ketiga pasien baru yang positif masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit umum pusat (RSUP) Mohammad Hoesain Palembang, bersama 13 orang lain yang lebih dulu terjangkit. Namun tiga orang lagi menjalani perawatan mandiri dengan pengawasan dokter.

"Ketiganya pasien positif yang sedang isolasi mandiri adalah Orang Tanpa Gejala (OTG), semuanya dalam kondisi sehat. Mereka diizinkan isolasi mandiri karena keterbatasan ruang isolasi di rumah sakit rujukan, dan tempat isolasi mandirinya dianggap memadai," ujar Yusri.

Baca Juga: [UPDATE] 1 Orang PDP di Sumsel Meninggal, Positif Corona Juga Tambah

4. Pasien nomor 7 asal OKI dinyatakan sembuh

[UPDATE] Positif COVID-19 Sumsel Tambah 3 Kasus, Total Sudah 22 OrangWisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) dijadikan sebagai Rumah Sehat untuk Orang Dalam Pemantauan atau ODP. (IDN Times/Deryardli Tiarhendi)

Sedangkan untuk PDP di Sumsel sudah mencapai 79 orang, dengan penambahan dua PDP baru. Pemeriksaan sampel sudah dilakukan pada 58 orang dan dinyatakan negatif. Sisanya, 21 orang lagi masih dalam pengawasan.

Pada ODP total hingga saat ini berjumlah 2.255 orang, selesai pemantauan ada 1.672 orang dan 583 masih dalam pemantauan.

"Sejauh ini sampel PCR yang telah diperiksa ada 228 orang, 96 orang negatif, 110 masih dalam pemeriksaan. Pasien positif yang berhasil sembuh hari ini ada 4 orang. Kasus terbaru adalah pasien nomor 7 asal OKI," tutup dia.

Baca Juga: Sebut Corona Sumsel Impor, Herman Deru: Jalur Tikus Sulit Dideteksi 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya