Tiba di Bandara SMB II Palembang, Warga Prabumulih Langsung Diisolasi

Pulang dari umrah mengalami gejala demam, batuk dan sesak

Palembang, IDN Times - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, Nur Purwoko membenarkan ada pasien yang terindikasi sakit selepas pulang dari umrah. Pasien tersebut diketahui bernama MY (64) asal Prabumulih, yang baru saja landing di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang sekitar pukul 13.59 WIB menggunakan pesawat Lion JT 89. 

“Kita baru memeriksa, karena dari diagnosis awal gejalanya mengarah ke virus (Mers atau Corona). Kita lakukan diagnosis kerja belum ada diagnosis pasti,” ujar dia, saat dikonfirmasi IDN Times, melalui telepon seluler (ponsel), Selasa (3/3). 

1. Pasien dimungkinkan terkena Mers atau Corona

Tiba di Bandara SMB II Palembang, Warga Prabumulih Langsung DiisolasiMY dibawa ke RSMH Palembang (IDN Times/Istimewa)

Nur Purwoko mengungkapkan, saat pemeriksaan di bandara, pasien MY mengalami gejala demam, batuk dan sesak. Kondisi itu merupakan indikasi dari virus. Untuk mencegah kecolongan, pihak KKP langsung mengisolasi yang bersangkutan. Pihaknya menilai ada dua kemungkinan, pasien mengalami Middle East Respiratory Syndrome (MERS) atau Covid 19 (Corona).

“Sampai saat ini Arab bukan negara terjangkit covid 19 tetapi, Arab Saudi hingga hari ini belum mencabut status Mersnya. Jadi kita belum bisa menduga-duga,” ungkap dia.

2. Hasil Diagnosa KKP kemungkinan Mers

Tiba di Bandara SMB II Palembang, Warga Prabumulih Langsung DiisolasiKapala KKP Kelas II Palembang, Nur Purwoko (IDN Times/Rangga Erfizal)

Purwoko menuturkan, memang kasus Mers saat ini masih menjangkiti wilayah Arab Saudi. Karena, kasus terakhir Mers baru saja muncul di wilayah Uni Emirat Arab.

“Mau Mers atau Covid 19 sama-sama virus. Diagnosa teman-teman karena dia baru saja umrah, ada kemungkinan Mers,” tutur dia.

3. Pasien MY sudah di isolasi di RSUP MH Palembang

Tiba di Bandara SMB II Palembang, Warga Prabumulih Langsung DiisolasiSituasi ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Saat ini, terang Nur, pasien MY sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesain Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sekaligus di isolasi. Karena belum diketahui pasien mengidap penyakit apa.

“Baru akan diambil sampelnya oleh RSMH karena kita bawa ke sana. RSMH ditunjuk untuk penanganan langsung wabah virus,” terang dia.

Baca Juga: Siaga Virus Corona, RSUP MH Palembang Siapkan Tim Dokter Khusus

4. RSUP MH Palembang benarkan ada pasien yang diisolasi

Tiba di Bandara SMB II Palembang, Warga Prabumulih Langsung DiisolasiSituasi lingkungan di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Humas RSUP MH Palembang, Ahmad Suhaimi, membenarkan ada pasien yang diisolasi selepas pulang dari tanah suci. Saat ini pasien tengah menjalani perawatan oleh tim dokter.

“Kita lakukan isolasi sesuai dengan prosedur. Untuk perkembangan belum tahu nanti akan disampaikan,” tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya