Siaga Virus Corona, RSUP MH Palembang Siapkan Tim Dokter Khusus

Masyarakat harus benar-benar paham gejala virus corona

Palembang, IDN Times - Plh Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin(MH) Palembang, dr. Zubaedah menyampaikan, meski penyebaran virus corona sudah positif masuk Indonesia, namun saat ini Palembang masih dalam kategori aman.

Tetapi, bila pihaknya menerima rujukan pasien terjangkit virus corona, maka RSUP MH Palembang siap menerima dan menangani kasus tersebut.

"Insyaallah aman, kita juga harus berdoa terus. pasien pneumonia kemarin yang bukan akibat corona masih kita awasi, dan tetap kita lakukan pendeteksian. Langsung kita lakukan pengecekan dan penanganan, dan wajib siap terima pasien. Sambil kita tetap berdoa supaya tidak menyebar luas lagi," ujar dia, kepada IDN Times Senin (2/3).

1. Tim medik khusus penanganan virus corona memiliki alat indikator

Siaga Virus Corona, RSUP MH Palembang Siapkan Tim Dokter KhususIlustrasi pemeriksaan pasien di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zubaedah menuturkan, pihaknya sudah memiliki tim medik yang nanti melakukan pengecekan, penanganan dan pengawasan terhadap virus corona. Tim yang tergabung dari dokter-dokter khusus tersebut terdiri dari 30 dokter spesialis yang handal.

"Mulai dari dokter penyakit dalam, pernapasan, anastesi serta bantuan tim medik seperti perawat juga. Kami mengupayakan SDM terbaik yang memadai dalam antisipasi Virus Corona. Termasuk alat indikator pendeteksi virus dalam tubuh," tutur dia.

2. RSUP MH Palembang tambah dua ruang isolasi

Siaga Virus Corona, RSUP MH Palembang Siapkan Tim Dokter KhususSituasi ruang isolasi di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zubaedah mengungkapkan, karena sekarang pasien terduga virus corona sudah masuk Indonesia, maka pihaknya sudah melakukan penambahan ruang isolasi di ruangan borang RSUP MH Palembang.

"Kita sediakan tekanan negatif di setiap ruangan. Kalau seandainya penderita tertular virus melebihi dari dua orang, kita sudah menyiapkan ruang tambahan untuk ruangan isolasi, dari dua menjadi empat. Asal prinsipnya tidak ada kontak dengan pasien lain," ungkap dia.

3. Masyarakat harus memahami gejala virus corona sejak hari pertama

Siaga Virus Corona, RSUP MH Palembang Siapkan Tim Dokter KhususSituasi lingkungan di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zubaedah menerangkan, agar tidak terjadi penyebaran wabah, sebaiknya masyarakat harus paham gejala infeksi virus corona, mulai dari awal menduga hingga hari ke hari selanjutnya, dari sebelum dan setelah pemeriksaan.

"Karena hampir mirip dengan flu, harus tahu dengan ciri-cirinya. Pada hari pertama sampai hari ketiga, mirip dengan masuk angin sakit tenggorokan ringan, tidak demam dan tidak lelah dan asih makan dan minum secara normal," terang dia.

Selanjutnya, pada hari keempat, gejala yang sama dengan suara agak berubah (serak), suhu tubuh berkisar antara 36,5 derajat (tergantung orang), lalu mulai anoreksia (gangguan makan) hingga sakit kepala dan diare ringan.

Baca Juga: Jadi Rujukan Pasien Corona, RSUP MH Palembang Tambah Ruang Isolasi

4. Penderita virus corona setelah hari keempat suhu tubuh tidak menurun

Siaga Virus Corona, RSUP MH Palembang Siapkan Tim Dokter KhususSituasi lingkungan di RSMH Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Zubaedah melanjutkan, setelah empat hari kondisi masih belum ada perubahan, segera berobat. Sebab apabila kondisi suhu tidak menurun sudah menjadi kekhawatiran dokter terhadap pasien. Serta dalam perawatan maksimal selama 14 hari, pasien wajib melakukan tes darah setiap hari.

"Hari kelima suhu tidak berubah, ciri lainnya sendi mulai nyeri. Tahap ini sulit dikenali sebagai infeksi dingin atau koroner tetapi tetap dilakukan penanganan. Cek juga hingga hari kesembilan apakah ada batuk dengan lendir atau batuk kering, mual, sulit bernapas sampai terkena diare. Pada saat ini, tes darah dan rontgen paru-paru harus diambil untuk diperiksa. Baru setelahnya bisa dipastikan suspect atau tidak," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya