Sumsel Terima 26.682 Dosis Vaksin Pfizer untul Booster

Vaksin dosis kedua segera dikirim ke berbagai daerah

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Dinkes Sumsel) kembali menerima alokasi vaksin pfizer sebanyak 26.682 dosis atau 4.488 vial. Vaksin tersebut dikirim dari pusat ke Sumsel untuk booster tahap kedua yang sempat tertunda, Jumat (27/1/2023).

"Setelah vaksin tiba, maka tiap daerah sudah bisa mendistribusikan ke berbagai fasilitas kesehatan di daerahnya, seperti ke Puskesmas atau rumah sakit, sehingga sudah bisa melakukan vaksinasi booster dosis kedua untuk masyarakat," ungkap Kepala Dinkes Sumsel, Trisnawarman, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Palembang Butuh 3 Ribu Vial Vaksin untuk Booster Kedua

1. Baru Palembang yang sudah mengambil dosis

Sumsel Terima 26.682 Dosis Vaksin Pfizer untul Boosterilustrasi vaksin (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Trisnawarman, vaksin segera disalurkan ke kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. Hingga kemarin, baru Palembang yang telah mengambil vaksin sebanyak 8.502 dosis dari gudang Dinkes Sumsel.

"Ada 10 kabupaten dan kota yang masih dalam proses pengambilan stok vaksin di gudang penyimpanan vaksin kita," jelas dia.

Baca Juga: Bandara SMB II Palembang Tetap Berlakukan Aturan PPKM 

2. Enam daerah ajukan tambahan vaksin

Sumsel Terima 26.682 Dosis Vaksin Pfizer untul Boosterilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurutnya setiap daerah mendapat dosis sesuai kebutuhan dan stok vaksin yang berbeda tergantung kebutuhan. Kota Lubuk Linggau misalnya mendapatkan 2.340 dosis, OKU sebanyak 3.000 dosis, dan OKU Timur 1.170 dosis.

Selanjutnya Prabumulih mendapatkan 1.200 dosis, Muara Enim 1.500 dosis, OKI sebanyak 3.096 dosis, Lahat 1.200 dosis, Ogan Ilir 2.340 dosis, Musi Banyuasin dan Empat Lawang 1.170 dosis.

"Kita sudah mengajukan kembali permohonan permintaan alokasi vaksin COVID-19 untuk enam kabupaten dan kota lain di Sumsel. Mereka memang sejak awal belum mengajukan dan baru menambah permintaan alokasi vaksin pada hari ini," jelas dia.

3. Vaksin booster kedua dinilai dapat tingkatkan daya tahan tubuh

Sumsel Terima 26.682 Dosis Vaksin Pfizer untul Boosterilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Trisnawarman mengimbau masyarakat melaksanakan vaksinasi booster dosis kedua di fasilitas kesehatan terdekat. Dosis kedua ini dinilai penting untuk menjaga kekebalan tubuh dari virus COVID-19.

"Tubuh kita membutuhkan lagi vaksinasi booster tahap kedua agar dapat lebih kebal dari virus COVID-19. Sebab saat ini vaksinasi booster tahap satu sudah habis di diri kita, sehingga perlu mendapatkan vaksinasi lagi," tutup dia.

Baca Juga: Warga Palembang Diminta Tetap Vaksin Meski PPKM Dicabut

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya