Speedboat Terbakar di Perairan OKI, 19 Penumpang Berhasil Selamat

Polisi masih lakukan penyelidikan penyebab kapal terbakar

Palembang, IDN Times - Sebuah kapal penumpang atau speedboat yang berangkat dari Pelabuhan Sukadamai Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, menuju Dermaga Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terbakar di perairan Selat Bangka. Kapal tersebut terbakar di kawasan Pulau Maspari dan karam di tengah laut, Senin (30/1/2023).

"Tidak ada korban jiwa. Total ada 19 penumpang yang berhasil diselamatkan," ungkap Kasatpolairud Polres OKI, Iptu Ahmad Fauzi, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga: Gadis 15 Tahun Dicabuli Tetangga, Modus Pelaku Pinjam Gergaji

1. Para korban sudah kembali ke rumah

Speedboat Terbakar di Perairan OKI, 19 Penumpang Berhasil Selamatilustrasi Kapal Speedboat (Dok.BPBD PPU)

Fauzi menerangkan, penyebab kebakaran belum diketahui. Pemeriksaan masih diselidiki Polairud Polda Bangka Belitung berkoordinasi dengan Polairus Polres OKI.

"Masih diperiksa Polairud Bangka Belitung, sementara para korban selamat tidak mengalami cedera dan mereka sudah kembali ke rumah masing-masing," jelas dia.

2. Kapal terbakar dan karam di lautan

Speedboat Terbakar di Perairan OKI, 19 Penumpang Berhasil SelamatIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Kejadian kebakaran berlangsung sangat cepat. Percikan api dan asap yang membumbung tinggi, membuat panik penumpang dan pengemudi kapal. Beruntung tak jauh dari lokasi kapal karam ada speedboat lain yang langsung melakukan evakuasi.

"Penumpangnya ada warga Sungai Pasir, Tulung Selapan, dan Sungai Lumpur," jelas dia.

3. Penumpang melompat ke laut

Speedboat Terbakar di Perairan OKI, 19 Penumpang Berhasil Selamatpotret kapal karam di Maladewa (kapal karam oleh Tim Nicholson/scubatravel.co.uk)

Saksi mata kejadian yang merupakan penumpang kapal bernama Azis menyebutkan, peristiwa kebakaran berlangsung cepat. Para penumpang melompat dari kapal untuk menyelamatkan diri.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya luka lecet saja karena melompat dari atas speedboat ke laut. Korban bisa selamat ditolong oleh speedboat yang berada di belakang, karena memang beriringan," tutup dia.

Baca Juga: Remaja Pelaku Pencabulan Asal Jatim Kabur ke Pagar Alam

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya