Siti Mirza Ragu Berbisnis dengan Heriyanti, Nama Akidi Tio Dihormati

Siti Mirza akui sosok Akidi adalah taipan lama Palembang

Palembang, IDN Times - Anak Akidi Tio, Heriyanti masih beranggapan uang Rp2 triliun warisan orang tuanya masih ada di salah satu bank di Singapura. Sosok Akidi Tio diakui merupakan pengusaha sukses asal Langsa Aceh Timur, lama tinggal dan berbisnis di Sumatera Selatan.

Siti Mirza Nuria, sosok sahabat Heriyanti mengakui jika Akidi Tio adalah pengusaha sukses era 70-80 an. Sejak remaja dirinya sudah berteman, dan mengetahui perihal keluarga Akidi.

"Benar, ayahnya (Akidi Tio) pengusaha besar dulu. Jadi tidak heran kalau orang-orang Cina punya banyak simpanan seabrek di luar negeri," ungkap Siti Mirza Nuria, Sabtu (7/8/2021).

1. Siti terlalu percaya kata Heriyanti

Siti Mirza Ragu Berbisnis dengan Heriyanti, Nama Akidi Tio DihormatiRudi Sutadi dan Heriyanti saat keluar gedung Widodo Budidarmo Polda Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Siti mengungkapkan, salah satu ikhwal dirinya mau berbisnis dengan Heriyanti karena sosok Akidi Tio. Sebagai seorang taipan di zamannya, Siti mengaku sangat menaruh simpati dan percaya saja dengan bisnis ekspedisi yang keduanya jalani.

Dirinya tidak menampik uang warisan sebesar Rp2 triliun. Sebab, selama ini Heriyanti kerap bercerita mengenai sulitnya mengurus pencairan uang di Singapura.

"Papanya (Akidi Tio) sangat dihormati orang-orang. Meski ragu dia tetap meyakini. Dia (Heriyanti) bilang sudah lima tahun mengurus uang itu," ujar Mirza.

Baca Juga: Kasus Rp2 Triliun Akidi Tio Berlanjut, Kejiwaan Heriyanti Diperiksa

2. Curhat Heriyanti ke Siti soal uang orangtuanya

Siti Mirza Ragu Berbisnis dengan Heriyanti, Nama Akidi Tio DihormatiRudi Sutadi dan Heriyanti saat keluar gedung Widodo Budidarmo Polda Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Pertemanan sejak remaja yang terjalin selama puluhan tahun, tidak membuat Siti merasa aneh saat akan memulai bisnis. Ia menganggap Heriyanti adalah sosok yang sama dikenalnya puluhan tahun silam. Heriyanti dikenal sebagai orang yang baik hati, pintar dan sangat menjaga etika sebagai sahabat.

Siti menilai kemungkinan uang simpanan Akidi Tio benar tersimpan di Singapura. Hanya saja, uang yang selama puluhan tahun disimpan tak pernah diurus. Ia yakin, Akidi Tio telah menabung sejak uang satu dollar Amerika masih seharga Rp400.

"Itu pengakuan Heriyanti kalau tidak halu, uangnya ada disimpan di sana (Singapura) sudah lama. Banknya saja sudah berubah nama," ujar dia.

3. Setelah prank Rp2 triliun Siti Heriyanti yakin Heriyanti tidak waras

Siti Mirza Ragu Berbisnis dengan Heriyanti, Nama Akidi Tio DihormatiRudi Sutadi dan Heriyanti saat keluar gedung Widodo Budidarmo Polda Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Siti mengira Heriyanti saat ini benar-benar tidak waras terlebih usai melakukan prank terhadap Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri. Sejak awal ia sudah ragu ingin berbisnis dengan Heriyanti, namun terlapor yang dianggap pintar dalam segala hal membuat keraguan itu sempat hilang.

"Setelah prank 2 triliun baru saya ngerasa kalau dia gak waras," ujar dia.

4. Belum diketahui motif prank ke Kapolda Sumsel

Siti Mirza Ragu Berbisnis dengan Heriyanti, Nama Akidi Tio DihormatiKabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel masih melakukan proses penyelidikan lebih lanjut mengenai motif prank. Penyidik terbang ke Jakarta untuk memeriksa kakak-kakak Heriyanti. Selain itu, pemeriksaan kejiwaan pun telah dilakukan oleh Polda Sumsel, pada Kamis (5/8/2021) lalu.

"Terkait Heriyanti, progres pemeriksaannya tetap berlanjut. Tadi kita mengirimkan psikolog dari Polda Sumsel dan psikolog dari Mabes Polri. Kasus tetap berlanjut meski ada kata maaf diberikan Kapolda. Permintaan maaf ini dilakukan secara pribadi," ungkap Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi.

Baca Juga: Siti Mirza Paling Dirugikan Jerat Utang Heriyanti Anak Akidi Tio? 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya